SAKIP 2020, Bolmut raih predikat B dari Kementerian PANRB

Predikat SAKIP dan RB di Sulawesi Utara. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Sekertaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Asripan Nani menghadiri secara virtual penyerahan hasil evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota tahun 2020 yang bertajuk SAKIP-RB award 2020, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), Kamis, 22 April 2021 pukul 10.00 Wita diruangan sekda Bolmut.


Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menyerahkan langsung hasil evaluasi secara simbolis kepada 66 pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang hadir secara langsung.

Sementara itu Plt Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB Agus Uji Hantara mengatakan dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo kerap menekankan birokrasi harus bekerja dengan memanfaatkan anggaran dengan efektif dan efisian, di tengah semakin banyaknya kebutuhan pembangunan.

“Dengan menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), instansi pemerintah diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran,” katanya.

Baca Pula:  Gen Hijrah untuk pembangunan daerah
SAKIP RB Award.

Untuk mengukur pengelolaan anggaran negara yang berorientasi hasil, Agus menjelaskan Kementerian PANRB setiap tahunnya melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja. Melalui evaluasi tersebut, Kementerian PANRB menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran.

“Semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, semakin tinggi pula efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran pada suatu Instansi Pemerintah,” jelasnya.

Selain melakukan evaluasi SAKIP, Kementerian PANRB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi. Evaluasi dilakukan dengan melihat perbaikan tata kelola baik dari segi pengungkit maupun hasil.

Melalui evaluasi tersebut, Kementerian PANRB menyusun profil instansi Pemerintah berdasarkan tingkat perbaikan tata kelola instansi pemerintah melalui pelaksanaan reformasi birokrasi.

Baca Pula:  Nama-nama kepala sekolah di Bolmut yang baru dilantik, termasuk di Goyo
Sekda Bolmut Asripan Nani saat menghadiri SAKIP RB Award 2020. (Foto Prokopim Pemkab Bolmut)


“Semakin tinggi indeks reformasi birokrasi maka semakin baik tata kelola instansi pemerintah sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi stakeholder dan berkontribusi pada capaian pembangunan nasional,” jelas Agus.

Kegiatan penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah tahun 2020 merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah.

Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memacu pemerintah daerah untuk semakin meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah dan semakin meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran. 

Sementara itu untuk Kabupaten Bolmut mendapatkan predikat B terkait SAKIP dan untuk Reformasi Birokrasi (RB) mendapat predikat C.

Fakta menarik dan bermanfaat