Rancangan peraturan daerah tentang penertiban hewan lepas di Bolmut segera dibahas

Paripurna Ranperda APBD 2021. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan membahas 12 dari 33 Rancangan Peraturan daerah (Ranperda) yang masuk dalam Propemperda (Progran pembentukan peraturan daerah) tahun ini.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Bolmut, Saiful Ambarak, menurutnya kesiapan DPRD dalam membahas 12 Ranperda telah disepakati dan diputuskan dalam rapat Badan musyawarah (Bamus) DPRD belum lama ini.

“Bamus menyepakati membahas 12 Ranperda. Karena memang dari 33 Ranperda, baru 12 Ranperda yang sudah memiliki naskah akademik,” ujar politisi golkar ini.

Dalam rapat Bamus telah disepakati juga mekanisme pembahasan 12 Ranperda. “Jadi nanti 12 Ranperda ini akan dibahas oleh Panitia khusus (Pansus) yang akan di bentuk oleh DPRD,” jelasnya.

Adapun mekanisme pembentukan Pansus lanjut dia, akan diputuskan melalui rapat paripurna. “Nah, kapan pelaksanaan paripurna itu nanti akan kami sesuaikan dengan kesiapan teman-teman. Sebab saat ini kami sedang menjalakan tugas,” ujarnya.

Pihaknya memastikan, 12 Ranperda ini akan digenjot menjadi Perda di tahun ini. “Kami pastikan, 12 Ranperda akan jadi Perda di tahun ini. Sebab ini sudah menjadi komitmen kami selaku wakil rakyat,” katanya.

Terpisah, Sekretaris DPRD Bolmut, Musliman Datukramat melalui Kepala bagian Hukum dan Persidangan, Usman Djarumia menambahkan 12 Ranperda ini tediri dari, sembilan Ranperda Eksekutif dan tiga Ranperda inisitaif DPRD.

“Ranperda inisiatif DPRD yaitu Ranperda Penertiban hewan lepas, Ranperda izin Pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan terakhir Ranperda kepemudaan,” ujarnya.

Sementara itu, dari data yang berhasil didapat 9 Ranperda eksekutif tersebut adalah:

1. Ranperda Irigasi,

2. Ranperda IMB,

3. Ranperda Perlindungan Perempuan dan anak,

4. Ranperda Kabupaten layak anak,

5. Ranperda penanaman modal,

6. Ranperda Pengeloaan pasar rakyat,

7. Ranperda Ketertiban umum,

8. Ranperda Penyelemgaraan Penanggulangan bencana daerah,

9. Ranperda lembaga penyiaran publik lokal (LPPl).


Penulis : Rinto Binolombangan/Pantau24.com

Fakta menarik dan bermanfaat