Arsip sederhana tapi penting dalam pengambilan keputusan di Bolmut

Sekda Bolmut Asripan Nani saat membuka kegiatan sosialisasi kearsipan di Bolmut. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Sekertaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Asripan Nani membuka kegiatan sosialisasi penyuluhan kearsipan di lingkungan instasi pemerintah dan swasta di Kabupaten Bolmut Rabu 7 April 2021 di RM Laviesta.

Sekda mengatakan saat ini arsip merupakan salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi maupun birokrasi.

“Sebagai rekaman informasi dari seluruh aktivitas, arsip berfungsi sebagai pusat ingatan alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksitensi dan untuk kepentingan organisasi ataupun birokrasi,” ujarnya saat memberikan sambutan Bupati Bolmut Depri Pontoh.

Oleh karena itu arsip menjadi bagian yang sangat penting untuk mendukung proses kerja administrasi dan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen birokrasi.

“Ada beberapa aspek yang perlu kita perhatikan dalam mewujudkan tertib pengelolaan arsip, yaitu sistem pengelolaan kearsipan yang efektif, pelaksanaan sistem yang telah ditetapkan secara berdaya guna dan berhasil, serta evaluasi terus menerus terhadap pelaksanaan sistem itu sendiri,” jelasnya.


Melihat pentingnya aspek kearsipan dalam birokrasi pemerintahan maka dari itu pemkab Bolmut melaksanakan kegiatan sosialiasi kearsipan ini dengan harapan terciptanya peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip di masing-masing organisasi perangkat daerah.

Fakta menarik dan bermanfaat