Prosesi adat Mopohabaru 1 Ramadhan 1442 Hijriah

Aliansi adat, camat, sangadi di Kabupaten Bolmut saat prosesi adat. (Foto Moh Firmansyah Goma, Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh menerima prosesi Adat Mopohabaru/Mopotau (memberi tahu) dari Aliansi Lembaga Adat Bolmut yang bertempat di Kediaman Bupati Bolmut Desa Bolangitang I Kecamatan Bolangitang Barat, Senin 5 April 2021.

Bupati Bolmut (Ki Doni Pangulu) dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada aliansi lembaga adat Kabupaten Bolmut yang telah menyampaikan kabar terkait dengan datangnya Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

Diketahui adat Mopohabaru telah dilaksanakan dari tingkat desa, dan tingkat Kecamatan dalam pelaksanaan Mopohabaru ini tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

Baca Pula:  Lantik 72 sangadi di Bolmut, Bupati ingatkan rajin turun lapangan
Bupati Bolmut Depri Pontoh bersama pimpinan Forkopimda dan Sekda Bolmut Asripan Nani saat prosesi adat Mopohabaru. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim Pemkab Bolmut)

Terkait dengan penetapan 1 Ramadhan 1442 H, tetap akan menunggu pengumuman resmi Kementerian Agama RI. Karena itu, untuk mendengarkan hasil sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama RI.

Bupati Bolmut menyampaikan tahun lalu prosesi adat Mopohabaru tidak dilaksanakan. “Tetapi tahun ini kita laksanakan jelang bulan Ramadhan,” ujarnya.

Ia menambahkan dalam pelaksanaan Ibadah Sholat tarawih boleh dilaksanakan di masjid masing masing atau pun pelaksanaanya dilaksanakan di rumah, dengan mematuhi protokol ksehatan Covid-19.

Baca Pula:  Rachmat Pontoh jabat Plh sekda Bolmut
Tampak kulipu dalam pelaksanaan prosesi adat Mopohabaru. (Foto Moh Firmansyah Goma, Prokopim Pemkab Bolmut)

Dalam penerapan protokol kesehatan pada bulan ramadhan tahun ini, Bupati meminta keterlibatan Camat, sangadi, tokoh agama, tokoh masyarakat dalam menghimbau kepada masyarakat dan jamaah, pelaksanaan tadarusan silahkan dilaksanakan di mesjid. Tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan.

Fakta menarik dan bermanfaat