Tunggu putusan pemerintah Saudi, calon haji Bolmut terima vaksinasi Covid-19

Kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada CJH Bolmut. (Foto Dinkes Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Sebanyak 20 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) telah disuntik vaksin Covid-19.

Diketahui CJH Bolmut berjumlah 28 orang dengan rincian 21 ditambah 1 orang penggabungan mahram dan 6 cadangan.

Diketahui Senin 29 Maret 2021 ada 13 CJH yang sudah disuntik vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bolmut. Dan sisanya sembilan orang ditambah enam orang cadangan akan menerima vaksinasi pada hari Kamis tangga 1 April 2021 hari ini.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Bolmut, Meika Eliza, S.Ag menjelaskan, sesuai surat yang diterimanya dalam mempersiapkan penyelenggaraan haji tahun 2021, maka semua CJH Kabupaten Bolmut yang terdaftar baik yang terjadwal maupun cadangan semua akan divaksin.

Meskipun demikian dirinya belum dapat memastikan apakah jamaah haji dari luar Arab Saudi akan diizinkan mengikuti ibadah haji pada tahun ini dikarenakan belum ada pengumuman resmi dari pemerintah Arab Saudi.

“Namun selaku seksi yang membidangi pelaksanaan penyelenggaraan haji di tingkat daerah, maka perlu melakukan persiapan sedini mungkin,” jelasnya.

Kepala Kantor, Lily Korniaty, M.Pd menambahkan semua CJH Kabupaten Bolmut sehat wal`afiat dan diberangkatkan oleh Allah SWT di tahun ini.

Sementara itu kepala seksi imunisasi dan surveilens dinkes Bolmut Fitria Stion mengatakan CJH Bolmut berjumlah 28 orang sudah dengan cadangan.

“Dimana ada dua penyintas, dua sakit, dua ada di luar daerah dan dua di tunda terkait vaksinasi. Sisanya 20 sudah divaksin,” katanya Kamis 1 April 2021 setelah kegiatan vaksinasi CJH hari ini.

Untuk CJH memakai vaksin Sinovac/Biofarma karena CJH memang sudah masuk perencanaan sejak dari Januari dan vaksinasi.

Fakta menarik dan bermanfaat