Menuju Kabupaten Kota sehat 2021, banyak hal yang harus dibenahi

Kegiatan advokasi Kabupaten sehat. (Foto Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Asisten bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Rachmat Pontoh membuka kegiatan advokasi penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat tingkat Kabupaten Bolmut tahun 2021 bertempat diruang rapat kantor Dinas Kesehatan Bolmut, Kamis 1 April 2021.

“Kabupaten kota sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggarannya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintergrasi dan penyelenggaraan kabupaten/kota sehat adalah berbagai kegiatan untuk mewujudkan kabupaten/kota sehat,” kata Pontoh.

Diketahui melalui pemberdayaan kabupaten/kota sehat berhasil diraih oleh Kabupaten Bolmut selama lima tahun terakhir yaitu pada tahun 2015 meraih penghargaan kategori pada dilanjutkan pada tahaun 2017 meraih penghargaan kategoru wiwerda kemudian pada tahun 2019 berhasil merahi penghargaan tertinggi yaitu swastisaba wistara, pada tahun 2021 ini Bolmut akan mengusulkan penghargaan swastisaba kategori wistara kedua.

Selanjutnya asisten satu menyampaikan penyelenggaraan kabupaten/kota sehat ini nantinya akan menyelaraskan kebutuhan masyarakat sesuai dengan arah pembangunan daerah tercapainya kabupaten sehat hanya akan terwujud apa bila ada komitmen yang tinggi.

Sehubungan dengan kegiatan ini hari ini banyak hal yang perlu kita benahi terutama dalam kaitannya dengan masalah lingkungan kesehatan masyarakat serta peran pemerintah dalam pembagunan.

“Sehingga saya menghimbau kepada tim pembina dan forum kabupaten sehat untuk mengkoordinasikan berbagi program dan kegiatan lintas sektor,” kata Rachmat.

Subtansi program kegiatan pada penyelenggaraan kabupaten/kota sehat yang akan diusulkan yaitu 7 tatanan wajib dan pilihan antara lain:

– Tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat.
– Tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri.
– Tatanan ketahanan pengan dan gizi.
– Tatanan pariwisata sehat.
– Tatanan lalu lintas dan pelayanan trasnsprotasi
– Tatanan industri dan perkantoran sehat.
– Tatanan kehidupan sosial.

Fakta menarik dan bermanfaat