Prakiraan cuaca dari BMKG hari ini mulai pukul dua siang Bolmut hujan

Situasi desa Pangkusa, Kecamatan Sangkub, Jumat 26 Maret 2021. (Foto Facebook Ria Bundanya Nizam)

TORANGPEBERITA.COM- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun meteorologi kelas II Sam Ratulangi Manado memperkirakan mulai pukul 14.00 Wita Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan diguyur hujan Sabtu 27 Maret 2021.

Hujan ini akan terjadi di seluruh Kecamatan yang ada di Bolmut. Bahkan BMKG memperkirakan Bolmut akan diguyur hujan juga pada pukul 20.00 Wita.

Sumber BMKG.

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) telah membuat laporan terkini banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Bolmut, Jumat 26 Maret 2021.

Kepala BPBD Bolmut, Vicktor Nanlesay melalui Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Darurat, Nurmala Goma dalam laporannya menyampaikan bahwa banjir dan tanah longsor  telah terjadi di sejumlah kecamatan, diantaranya Kecamatan Kaidipang, Bolangitang Timur dan Sangkub.

“Untuk Kecamatan kaidipang desa-desa yang terdampak banjir adalah Desa Pontak, Gihang, Bigo selatan dan desa Boroko Timur,” ungkapnya.

Sedangkan untuk Kecamatan Sangkub, sambungnya, desa-desa yang terdampak adalah Desa Sangkub Timur, Sangkub I, Sangtombolang dan Pangkusa. “Sementara dari Kecamatan Bolangitang timur, kami belum mendapatkan laporan,” tambahnya.

Dia menjelaskan, banjir dan tanah longsor ini dipicu oleh cuaca ekstrim berupa hujan dengan intensitas tinggi dengan tingkat kelebatan 1-7 jam. “Intensitas curah hujan ini menyebabkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Pontak, Gihang, Bigo Selatan meluap sampai ke pemukiman warga setempat,” jelasnya.


Selain itu lanjut dia, hujan ini juga  mengakibatkan tanah longsor di Desa Sangtombolang dan Sompiro, Kecamatan Sangkub. “Hingga material longsor menutupi badan Jalan Trans Sulawesi Manado-Makassar,” tutur dia.

Dalam  peristiwa ini kata dia, tidak ada korban jiwa. “Yang ada hanya beberapa rumah warga yang terendam banjir dan sejumlah perlengkapan rumah tangga dan peralatan ikut terbawah banjir,” katanya.

Saat ini , tim Forkopimda bersama TNI-Polri, BPBD Kabupaten Bolmut telah melaksanakan kaji cepat dan sekaligus mengevakuasi warga yang terdampak banjir dan longsor. “Tim penanggulangan bencana banjir juga langsung berkoordinasi dengan pihak pemerintah Kecamatan dan Desa,” jelasnya.

Adapun kebutuhan darurat saat ini kata Nurmala Goma, adalah dapur umum untuk pengungsi, tenda posko dan Pengungsi, matras serta selimut dan makanan siap saji,” ungkapnya.

Sementara itu pagi ini hujan telah berhenti. Walaupun demikian masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana banjir dan longsor diminta tetap waspada.

Fakta menarik dan bermanfaat