Ketua Umum AJI Sasmito Madrim Buka Konferta AJI Manado Ke-V

Kegiatan Konferta Ke 5 AJI Manado. (Foto panitia Konferta)

TORANGPEBERITA.COM – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado menggelar Konferensi Kota ke-V, Jumat 26 Maret 2021 di Hotel Gran Puri Manado. Diketahui Kepemimpinan Ketua Yinthze Lynvia Gunde dan Sekretaris Fernando Lumowa, periode 2018-2021 telah berakhir.


Ketua Umum AJI Sasmito Madrim, serta mantan Sekretaris Jenderal AJI Revolusi Riza. Dalam sambutannya sekaligus memperkenalkan diri karena baru pertama kali bertatap muka dengan AJI Manado sebagai Ketua AJI. Sasmito diketahui baru menjabat bersama Ika Ningytas sebagai Sekretaris Jenderal AJI 2021-2024.

Sasmito menyebut era digital sekaligus pandemi Covid-19 ini membuat jurnalis menghadapi tantangan yang besar mengenai kesejahteraan.

“Itu pula yang menjadi satu di antara fokus kepemimpinan saya dan Ika. Selanjutnya paya advokasi, dimana banyak jurnalis yang mengalami kekerasan. Begitu pula dengan isu gender, yang banyak melibatkan perempuan dalam organisasi,” katanya.

Baca Pula:  Gandeng LBH Pers, AJI Manado gelar pelatihan paralegal di Kotamobagu
Kegiatan Konferta Ke 5 AJI Manado. (Foto panitia Konferta)

Sebelum melanjutkan konferta, kegiatan diawali dengan diskusi dengan pembicara Revolusi Riza, wakil Pemimpin Redaksi CNN Indonesia ini memberikan kiat-kiat bagi jurnalis untuk mendapatkan fellowship.

Revolusi juga menyampaikan peluang-peluang bagi jurnalis untuk mendapatkan uang dengan menyediakan konten-konten untuk start up.

Sementara itu Ketua Yinthze Lynvia Gunde dan Sekretaris Fernando Lumowa dalam menyampaikan LPJ selama memimpin tahun 2018-2021 menyampaikan banyak terima kasih untuk semua yang telah membantu kepemimpinan mereka.

“Dalam segala keterbatasan, namun bahu-membahu sama-sama membangun AJI Manado. Terima kasih untuk AJI Indonesia yang membantu AJI Manado, begitu pula semua pihak yang telah bekerja bersama AJI Manado selama kepemimpinan mereka,” katanya.

Fakta menarik dan bermanfaat