Esok hari tanpa bayangan di Sulut, ini cara melihatnya

Sumber : twitter Lapan

TORANGPEBERITA.COM- Indonesia terbentang dari 6° Lintang Utara hingga 11° Lintang Selatan. Maka dengan lokasi geografis seperti ini matahari akan berada di atas Indonesia ketika tengah hari pada pekan keempat di bulan Februari-pekan pertama di bulan April.

Penjelasan Lapan ketika matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan terbentuk oleh benda tegak tidak berongga ketika tengah hari sehingga fenomena ini disebut sebagai hari tanpa bayangan matahari.

Hari tanpa bayangan matahari terjadi dua kali setahun untuk kota-kota yang terletak di antara garis balik utara (tropic of cancer, 23,4° lintang utara) dan garis balik selatan (tropic of capricon, 23,4° lintang selatan).

Sementara, untuk Kota-kota yang terletak tepat garis balik Utara dan balik garis selatan akan mengalami hari tanpa bayangan hanya sekali setahun yakni ketika solstis Juni (21/22 Juni) maupun solstis Desember (21/22 Desember). Diluar wilayah tersebut matahari tidak akan berada di atas kepala kita ketika tengah hari sepanjang tahun.

Berdasarkan data dari Lapan, untuk Kota Manado, Sulawesi Utara hari tanpa bayangan akan terjadi esok 24 Maret 2021 pukul 11.46.58 Wita

Cara mengecek apakah ketika tengah hari tidak terdapat bayangan, cukup gunakan prinsip T-R-T.

T = Tegak lurus : gunakan benda seperti tongkat lurus, spidol papan tulis, botol kaca, tumbler, hamper atau benda tegak lurus lainnya yang bagian alasnya tidak bergelombang dan stabil ketika diberdirikan

R = Rata : pastikan permukaan tempat menaruh benda maupun bayangan sudah rata

T = Tepat waktu : ketika pengamatan, sesui dengan waktu yang telah ditentukan dan terkalibrasi (bisa disingkronkan dengan BMKG)

Sumber : Lapan

Fakta menarik dan bermanfaat