Forum Anak Daerah Bolmut ikut musrenbang RKPD Kabupaten tahun 2022

  • Share
Asisten satu Pemkab Bolmut Rachmat Pontoh, Kadis PPKBPPA Bolmut Yani Lasama dan Ketua serta wakil FAD Bolmut. (Foto Dinas PPKBPPA)

TORANGPEBERITA.COM- Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten, Senin 22 Maret 2021 di aula Bapelitbang Bolmut.


Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPA) Bolmut Yani Lasama mengatakan keikutsertaan FAD dalam musrenbang ini bagaimana melihat perencanan pembangunan di daerah.

“FAD memiliki keterlibatan dalam pembangunan daerah, sehingga mereka dihadirkan,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan musrenbang ini sebagai forum multi pihak yang dilaksanakan secara terbuka dapat mengidentifikasi dan menentukan prioritas kebijakan pembangunan serta berfungsi sebagai proses negosiasi, rekonsiliasi, harmonisasi perbedaan antara pemerintah dan pemangku kepentingan non pemerintah.

Yani Lasama kembali menyampaikan sebagaimana amanat undang-undang perlindungan anak, bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat manusia.

“Serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut berbagai kebijakan telah dilakukan oleh pemerintah dibidang partisipasi anak antara lain pembentukan wadah-wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi pendapat dan harapan anak sebagai bentuk partisipasi anak dalam proses pembangunan.

Ia mengatakan salah satu program dalam kebijakan partisipasi anak dalam proses pembangunan adalah pembentukan forum anak daerah.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.