Sandiaga Uno : teman-teman bupati jika belum masuk sasaran hibah, mohon dikirim ke kami

Objek wisata tracking Mangrove di desa Binuanga, Kecamatan Bolangitang Timur. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Menparekraf Sandiaga Uno dalam sesi Pra-Munas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Jumat 19 Maret 2021 mengatakan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi nasional.

Oleh karena itu, ia mengajak semua untuk gerak cepat, gerak bersama, dan gaspol dalam mengoptimalkan semua potensi. Jika pariwisata dan ekonomi kreatif pulih, kata dia, otomatis dampak positifnya juga ke daerah.

“Dan kami terus memperkuat kerja sama dengan pemerintah daerah. Kami ingin kebijakan Kemenparekraf dan pemkab saling sambung untuk pemulihan ekonomi berbasis pariwisata sesuai potensi di masing-masing daerah,” ujar Menparekraf dilansir dari Antara.

Sandiaga menyatakan untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah melalui pariwisata, pemerintah menempuh banyak upaya, mulai hibah, stimulus, hingga berbagai program padat karya pariwisata.

”Teman-teman bupati silakan sampaikan aspirasi ke kami, jika ada yang belum masuk sasaran hibah, mohon dikirim ke kami. Tahun 2021 ini akan terus kami tingkatkan,” ujar Menparekraf.

Sandiaga juga mengajak para bupati untuk bersama-sama memulihkan ekonomi pariwisata pada 2021. Salah satu kunci pemulihan adalah pada penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability).

Menparekraf Sandiaga juga menggarisbawahi pelaksanaan kegiatan pariwisata, termasuk festival dan seni pertunjukan, harus melalui koordinasi dengan Satgas Covid-19 di masing-masing daerah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

”Sekarang izinnya bukan lagi pemerintah pusat, bahkan untuk kegiatan bisa disetujui di level daerah. Sudah setahun kita mati suri, mari kita geliatkan kembali, tetap dengan protokol kesehatan,” ujar Menparekraf.

Fakta menarik dan bermanfaat