Melihat ‘kerangka Oluhuta’ dalam pameran arkeologi di Bolmut

  • Share
Penjelasan mengenai kerangka Oluhuta

TORANGPEBERITA.COM- Balai arkeologi provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar pameran arkeologi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) bertempat di dinas pendidikan dan kebudayaan Bolmut selama dua hari sejak Jumat 19 Maret sampai Sabtu 20 Maret 2021.

Dalam pameran tersebut balai arkeologi Sulut yang menaungi Sulut, Sulteng dan Gorontalo turut membawa ‘kerangka Oluhuta’ yang diketahui kerangka manusia berumur 700 tahun lalu ditemukan di Gorontalo. Manusia purba itu mendiami pesisir pantai desa Oluhuta, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Situs Oluhuta merupakan situs prasejarah disitus ini ditemukan kerangka manusia dan kapak batu. Artefak yang ditemukan dalam situs Oluhuta memiliki ciri-ciri budaya antara lain berupa beliung batu persegi sebagai alat-alat batu neolitik, pecahan-pecahan gerabah dan sisa tuangan logam perunggu.

Baca Pula:  Disebut Serambi Wisata, Orang Akan Melewati dan Menikmati Bolmut
Wakil Bupati Bolmut saat melihat pameran arkeologi bertempat di dinas pendidikan dan kebudayaan Bolmut. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim pemkab Bolmut)

Hasil ekskavasi yang dilakukan oleh balai arkeologi Sulut hampir 15 tahun lalu disitus ini ditemukan 12 kerangka manusia dalam keadaan baik dan kondisi relatif utuh. Ke 12 kerangka tersebut ditemukan dalam keadaan sejajar teratur membujur dengan orientasi arah hadap barat-timur. Hal itu menunjukkan dikenalnya budaya penguburan manusia yang sudah terpola ditempat ini.

Sebelumnya Wabup Amin Lasena mengatakan kegiatan penelitian arkeologi di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo memiliki potensi arkeologi yang cukup besar.

Banyak fosil purba ditemukan di wilayah tersebut juga peninggalan budaya austronesia ditemukan di tiga wilayah tersebut.

Selanjutnya kata Wabup tradisi megalitik merupakan peninggalan yang banyak di temukan dan peninggalan budaya dari masa kolonial banyak ditemukan di tiga wilayah tersebut. Demikian juga peninggalan yang bercorak islam.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.