Dinas PPKBPPA Bolmut sosialisasikan pendataan keluarga tahun 2021

Kegiatan sosialisasi pendataan keluarga tahun 2021. (Foto DPPKBPPA Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPA) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus menggelar sosialiasi ayo sukseskan pendataan keluarga tahun 2021 di Kabupaten Bolmut.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas (Kadis) PPKBPPA Bolmut Yani Lasama, ia mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi dibeberapa tempat.

Beberapa lokasi pelaksaananya di kantor PPKBPPA yang terundang Camat, PKK, PMD, dinas Capil dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bolmut. Selanjutnya sosialisasi di desa Bigo Selatan, Kecamatan Kaidipang. Dan mulai hari ini sosialisasi di wilayah Kecamatan Kaidipang dan Bolangitang Barat.

Ia mengatakan dalam pendataan ini pihaknya melibatkan kader pendata 360 supervisor 107, manager data 6 dan manager pengelolaan 6 orang.

Bupati Bolmut Depri Pontoh mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Bolmut untuk ikut mensukseskaan pelaksanaan pendataan keluarga di tahun 2021.

“Yang akan dilaksanakan serentak di Indonesia mulai tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2021 pendataan awal perencanaan keluarga, berencana itu keren,” ajak Bupati.

Diketahui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan menyelenggarakan Pendataan Keluarga 2021 untuk memotret kondisi keluarga Indonesia saat ini demi membangun keluarga yang berkualitas.

“Kalau kita ingin mengurai suatu permasalahan itu alangkah baiknya kalau permasalahan itu dirunut sampai ke tingkat keluarga atau analisis akar penyebab masalah di tingkat keluarga,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo beberapa waktu lalu.

Pentingnya Pendataan Keluarga untuk memotret kondisi keluarga dan menjadi alasan BKKBN melakukannya sesuai dengan tujuan untuk membangun keluarga berkualitas.


Pendataan Keluarga 2021 rencananya dilaksanakan pada 1 April sampai dengan 31 Mei 2021 dan dilakukan oleh kader petugas pendata BKKBN yang sudah terlatih serta penyuluh Keluarga Berencana di seluruh Indonesia.

Para petugas akan mengumpulkan data terkait dengan kependudukan, data Keluarga Berencana dan data tentang pembangunan keluarga.

Fakta menarik dan bermanfaat