Mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan berkesetaran gender di Bolmut

Kegiatan rapat kordinasi. (Foto Moh Firmansyah Goma prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolmut Depri Pontoh yang diwakili asisten bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Rachmat Pontoh membuka rapat kordinasi kelompok kerja Pengarusutamaan Gender (PUG) dan gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Bolmut, Rabu 17 Maret 2021.

“Mudah-mudahan forum ini dapat membangun komitmen bersama sebagai upaya kita untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan berkesetaran gender serta membangun inisiatif yang mengarah pada transformasi konvensi hak anak di Kabupaten Bolmut,” ucap Pontoh.

Pengarustamaan Gender (PUG) adalah suatu strategis untuk mencapai Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG) melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan.

“Dan permasalahan perempuan dan laki-laki kedalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas seluruh kebijakan dan program diberbagi bidang kehidupan dan sektor pembagunan,” ujar asisten satu.

Pemerintah daerah telah menggabarkan secara jelas dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) mengenai permasalahan mendasar berkaitan dengan pembangunan pemberdayaan perempuan.

“Untuk mewujudkan kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan di daerah dan mewujdkan sistem politik yang demokratis, pemerintah daerah yang desentalistik, pembangunan daerah yang berkelanjutan serta pemberdayaan masyarakat yang partisipatif,” jelasnya.

Baca Pula:  Wabup Bolmut kembali kunjungi BPJN Sulut, bahas usulan program

Dalam pembukaan ini turut hadir kepala dinas kesehatan Bolmut Jusnan Mokoginta dan kepala dinas (Kadis) PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama. Serta SKPD terundang.





Fakta menarik dan bermanfaat