Bahu membahu jadikan Bolmut Kabupaten Layak Anak

Kegiatan rapat kordinasi. (Foto Moh Firmansyah Goma prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolmut Depri Pontoh yang diwakili asisten bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Rachmat Pontoh membuka rapat kordinasi kelompok kerja Pengarusutamaan Gender (PUG) dan gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Bolmut, Rabu 17 Maret 2021.

Perlu Diketahui pemerintah pusat melalui kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak telah mendesain dan mengsosialisaikan sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintergrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

“Kebijakan KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pada pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, sehingga pemenuhan hak-hak anak Indonesia lebih dapat dipastikan. Pemenuhan merupakan implementasi dari tindak lanjut komitmen dunia melalui World Fit For Children dimana pemerintah Indonesia turut mengadopsinya,” ujar asisten satu.

Ia mengatakan terdapat 31 indikator KLA yang disarankan pada subtansi hak-hak anak yang diamanatkan dalam undang undang perlindungan anak. Subtansi hak hak anak tersebut dikelompokkan kedalam lima kluster pemenuhan hak-hak anak dalam konvensi hak hak anak.

“Adalah hak sipil dan kebebasan. Lingkungan keluarga dan pengasuh alternatif. Kesehatan dasar dan kesejahteraan. Pendidikan dan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya. Perlindungan Khusus,” ungkap Pontoh.

Terkait dengan itu, maka menjadi harapan pemerintah daerah agar indkator-indikator KLA tersebut dapat dipenuhi dengan sebaik baiknya. Sebagai upaya untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak di Kabupaten Bolmut melalui pengembangan yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Diharapkan melalui forum ini keseriusan dari seluruh peserta agar berperan aktif, terutama pada pencapaian keberhasialn dalam percepatan pengarusutamaan gender dan KLA di Bolmut.

Baca Pula:  Pemkab Bolmut mendapat apresiasi dari Menteri Bintang Puspayoga


Dalam pembukaan ini turut hadir kepala dinas kesehatan Bolmut Jusnan Mokoginta dan kepala dinas (Kadis) PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama. Serta SKPD terundang.

Fakta menarik dan bermanfaat