Ini resep Menteri Abdul Halim Iskandar untuk kemajuan Kabupaten Bolsel

  • Share
Agenda kunjungan pemerintah Bolsel yang diterima langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. (Foto Kemendes)

TORANGPEBERITA.COM- Menteri Desa,
Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan Bupati Bolaang Mongondow Selatan Iskandar Kamaru di Ruang Rapat Menteri, Selasa 16 Maret 2021.

Kedatangan Bupati Iskandar Kamaru ingin mengundang Menteri Desa untuk menghadiri kegiatan Desa Expo yang rencananya digelar pada April 2021.

“Desa Expo akan menampilkan seluruh BUMDes, perjalanan Dana Desa dari setiap desa dan manfaatnya. Ini semua akan dipamerkan di acara itu,” kata Bupati Iskandar.

Bupati Iskandar juga memaparkan jika beberapa BUMDes telah sukses mengembangkan UMKM yang ada di desa, termasuk produk lokal seperti minyak kelapa kampung dan Abon berbahan ikan tuna.

Tahun ini, Bolaang Mongondow Selatan bakal kembangkan 60 Desa Wisata. Dan satu desa yang dapat bantuan dari Kemendes PDTT.

Wilayah ini juga mengharapkan bantuan dari Kemendes PDTT untuk lakukan pembinaan bagi kelompok pengelola Desa Wisata agar lebih profesional.

Selain itu, ada dua wisata edukasi yaitu Penangkaran Burung Endemik Sulawesi, Maleo dan Trekking Mangrove, dimana terdapat Mangrove yang disebut tertua dan kerap didatangi oleh peneliti.

Sementara itu Gus Menteri, sapaan akrab Menteri Desa, beri apresiasi dengan sejumlah keberhasilan yang telah dijalankan oleh Pemerintah Daerah itu, apalagi berkaitan dengan tiga hal yaitu kemiskinan, kesehatan dan pendidikan.

Dirinya memberikan resep jitu jika Bolaang Mongondow Selatan ingin lebih maju, yaitu dengan fokus pada pembangunan di desa-desa.

“Dana Desa yang ada harus dimanfaatkan dengan maksimal dengan berbasis masalah yang dihadapi desa,” katanya melalui siaran pers.

Dana Desa difokuskan ke Kemiskinan, Kesehatan dan Pendidikan yang notabene persoalan mendasar, makan Indeks Desa Membangun (IDM) juga bakal meningkat signifikan.

Ia mengatakan, jika IDM meningkat maka akan beri efek bagi Kabupaten sendiri.

Kemendes PDTT akan memetakan desa-desa yang bisa dijadikan pilot project di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan untuk salah satu arah tujuan yang terdapat dalam SDGs Desa yakni desa tanpa kemiskinan.

“Kita akan lakukan pemetaan terlebih dahulu, arahnya mau dibawah kemana desa-desa ini. Kita siap dorong agar desa-desa menjadi lebih maju dan membawa keberhasilan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan jadi Kabupaten Terdepan untuk pemberantasan Kemiskinan,” katanya.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *