Pengelolaan sarang burung Walet di Bolmut (Kembali) masuk Ranperda

Bangunan sarang burung Walet di Bolmut. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Rencana pihak eksekutif dan legislatif dalam membuat Peraturan Daerah pada tahun 2021 menarik dinanti. Pasalnya ada 33 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda)
yang disampaikan pada sidang paripurna DPRD Bolmut dalam rangka penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (PROMPERDA) Kabupaten Bolmut tahun 2021.

Salah satu ranperda disampaikan Bupati yang merupakan inisiatif eksekutif adalah ranperda tentang pengelolaan sarang burung walet. Yang diketahui tahun sebelumnya juga masuk ranperda.

Bupati Bolmut Depri Pontoh dalam sambutannya menyampaikan gambaran prioritas program pembentukan peraturan daerah pada tahun 2021 yang akan memuat 33 ranperda. 30 ranperda dari eksekutif dan tiga ranperda inisiatif DPRD Bolmut.

Terkait hal ini, Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan, penyampaian ranperda ini merupakan langkah penting dan strategis dalam upaya mendorong kemajuan Kabupaten Bolmut.

“Khususnya dari sisi regulasi yang akan berdampak besar dalam pengambilan kebijakan pengelolaan sumberdaya yang dimiliki secara legitimate, efektif dan efisien yang bertujuan untuk kemakmuran serta kemajuan masyarakat dan daerah,” ungkapnya Senin 15 Maret 2021.

Oleh karenanya, diharapkan dalam pembahasan ranperda ini nantinya tetap mengacu kepada prosedur dan mekanisme yang harus dilewati secara terpadu. tentu saja, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip otonomi daerah.

Fakta menarik dan bermanfaat