Sekda Bolmut beberkan isu strategis di 2022 termasuk investasi

Sekda Bolmut pada pemaparan program SKPD beberapa waktu lalu. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Dalam kegiatan pemaparan program unggulan perangkat daerah tahun 2022 forum SKPD lintas SKPD, Rabu 10 Maret 2021 di aula hotel Boroko. Isu-isu pembangunan yang dibahas adalah pertama angka kemiskinan dan gini ratio yang relatif masih tinggi.

Kedua perlunya SDM masyarakat yang berdaya saing, ketiga perlunya peningkatan kualitas dan daya saing produk lokal, keempat perlunya penyederhanaan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Kelima perlunya pemantapan infrastruktur strategis.

Sekda Bolmut Asripan Nani menambahkan hal-hal yang perlu menjadi perhatian adalah selain persoalan kemiskinan. Bagaimana fokus dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Ia mengatakan meningkatkan SDM serta investasi di daerah. Selain itu Asripan membeberkan bagimana daerah dalam menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga persoalan infrastruktur.

Dikesempatan tersebut Sekda juga menyampaikan soal isu pertanian dimana keluhan pupuk dan bibit oleh petani. Selain pertanian sektor perikanan perlu ditingkatkan.

Ia pun menambahkan hal-hal yang harus dilakukan pada sektor kesehatan termasuk soal pelayanan dan memperhatikan masalah tenaga kerja pengangguran di daerah.

Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan forum ini, merupakan salah satu tahapan dalam menyusun rencana pembangunan tahun 2022 dan sebagai tindak lanjut dari musrenbang desa dan musrenbang Kecamatan.

“Hasil dari forum ini akan menjadi masukan pada perangkat daerah dalam penyempurnaan rancangan renja perangkat daerah yang selanjutnya menjadi masukan dalam penyusunan rancangan RKPD Bolmut tahun 2022, maka perencanaan pembangunan tahun 2022 yang akan datang,” kata Bupati.

Seluruh program dan kegiatan hendaknya dilengkapi dan didasari dengan data yang akurat sehingga agenda pembangunan yang dilaksanakan akan tepat sasaran, efisien dan berkelanjutan.

Fakta menarik dan bermanfaat