Bupati : data yang akurat pembangunan yang dilaksanakan tepat sasaran dan efisien

Bupati Bolmut Depri Pontoh saat membuka kegiatan. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh membuka kegiatan forum perangkat daerah dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2022 dan perubahan RPJMD Kabupaten Bolmut tahun 2018-2023, Rabu 10 Maret 2021 di aula hotel Boroko.

Selain itu kegiatan dirangkaikan dengan pemaparan program unggulan perangkat daerah tahun 2022 dalam forum SKPD lintas SKPD tahun 2021.

Bupati mengatakan forum ini, merupakan salah satu tahapan dalam menyusun rencana pembangunan tahun 2022 dan sebagai tindak lanjut dari musrenbang desa dan musrenbang Kecamatan.

“Hasil dari forum ini akan menjadi masukan pada perangkat daerah dalam penyempurnaan rancangan renja perangkat daerah yang selanjutnya menjadi masukan dalam penyusunan rancangan RKPD Bolmut tahun 2022,” kata Bupati.

Baca Pula:  Berlaga hari ini, Bupati Bolmut lepas Persibolmut arungi liga 3 zona Sulut

Maka perencanaan pembangunan tahun 2022 yang akan datang seluruh program dan kegiatan hendaknya dilengkapi dan didasari dengan data yang akurat sehingga agenda pembangunan yang dilaksanakan akan tepat sasaran, efisien dan berkelanjutan.

Bupati menambahkan karena tujuan dan prinsip dasar dalam perencanaan yaitu bersifat partisipatif telah kita laksanakan bersama.

Masyarakat telah diberi ruang untuk menyampaikan usulan-usulan pembangunan yang diharapkan dapat tertuang dalam perencaan yaitu bersifat partisipatif telah kita laksanaka bersama.

“Masyarakat telah diberi ruang untuk menyampaikam usulan-usulan pembangunan yang diharapkan dapat tertuang dalam RKPD tahun 2022 pola ini disebut dengan perencaan partipatif Bottom-UP,” ujar Bupati.

Selain itu forum ini untuk mensinkronisasi usulan Kecamatan dengan prioritas pembangunan daerah di tahun 2022. “Dan pola ini disebut dengan perencanaan partisipatif Top-Down,” jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat