Ini manfaat jantung pisang untuk kesehatan

Shutterstock.com/Muh.Imron

TORANGPEBERITA.COM- Pohon pisang memiliki banyak manfaat baik buah dan daunnya. Tanaman pisang umum banyak ditemukan di wilayah Indonesia.

Kali ini manfaat jantung pisang buat kesehatan.

1. Mengatasi Pembesaran Prostat Jinak

Manfaat sayur jantung pisang untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat mengatasi masalah pembesaran prostat jinak atau benign prostatic hyperlapsia. Ya, kondisi ini biasanya terjadi pada pria yang ditandai dengan melemahnya kandung kemih, sehingga menyebabkan urine tidak keluar seluruhnya.

Namun, dalam sebuah penelitian, ekstrak jantung pisang ternyata bisa membantu mengurangi pembesaran prostat dan memperbaiki morfologi kelenjar prostat, lho. Hal ini karena ekstrak jantung pisang mengandung asam sitrat, asam pantotenat, taurin, dan nikotinat.

Senyawa-senyawa itulah yang mampu menjadi agen antiinflamasi dan anti profilerasi (menghambat pertumbuhan sel) pada pasien yang mengalami pembesaran prostat jinak.

2. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat sayur jantung pisang selanjutnya adalah bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara bisa menyebabkan gangguan sistem saraf pusat, gangguan kardiovaskular, autoimun dan lainnya.

Sehingga, dengan mengonsumsi makanan ini bisa bermanfaat untuk mencegah sakit gangguan saraf seperti Alzheimer dan Parkinson yang diakibatkan oleh radikal bebas.


3. Mengurangi Komplikasi Diabetes

Manfaat jantung pisang berikutnya yaitu untuk mengurangi komplikasi diabetes melitus. Hal ini dikarenakan kombinasi jantung pisang dan bagian tengah batang pisang mampu mengurangi hiperglikemia serta komplikasi diabetes seperti diabetic nephropathy (komplikasi diabetes pada ginjal).

Sehingga, kalau kamu mengonsumsi jantung pisang dan bagian tengah pisang hal ini bisa mengurangi komplikasi diabetes.

4. Mencegah Infeksi Bakteri

Tak hanya menangkal radikal bebas, manfaat jantung pisang untuk kesehatan juga bisa mencegah infeksi bakteri. Hal ini karena jantung pisang yang diekstraksi mengandung asam amino dan peptida. Nah, isolasi protein ini secara signifikan dapat melawan bakteri gram positif dan negatif.

Selain itu, bakteri ini juga bisa menyebabkan pneumonia, infeksi diare, hingga kolera. Maka dari itu, konsumsi jantung pisang dapat mendukung imunitas tubuh dari infeksi penyakit akibat bakteri tersebut.

5. Mengurangi Perdarahan Saat Menstruasi

DiaZen, kalian tahu nggak sih, ternyata manfaat jantung pisang bisa dirasakan oleh wanita yang sedang menstruasi, lho. Terutama jika dikonsumsi dengan dijadikan sebagai sayuran.

Pasalnya, hal ini terkait dengan perdarahan dan sakit perut yang biasanya kamu rasakan saat menstruasi. Yaps, konsumsi jantung pisang bisa meningkatkan progesteron yang mengurangi perdarahan berlebih serta sakit perut saat menstruasi.

Sumber : m.diadona.id


https://m.diadona.id/health/10-manfaat-jantung-pisang-untuk-kesehatan-dan-ibu-hamil-210308d.html

Fakta menarik dan bermanfaat