Menyusun (kembali) program pembangunan di Bolmut dengan menjaring aspirasi masyarakat

Sekda Bolmut Asripan Nani saat membuka RKPD dan RPJMD Kabupaten Bolmut. (Foto Rahmat Tegila Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Sekda Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Asripan Nani membuka kegiatan konsutlasi publik pada penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bolmut tahun 2018-2023, Rabu 3 Maret 2021 secara virtual.

Sekda Bolmut mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari penyusunan dokumen perencanaan daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di Kabupaten Bolmut.

“Untuk itu partisipasi masyarakat khususnya dalam perencanaan merupakan hal yang sangat penting. Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam pengambilan keputusan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan pembangunan daerah untuk melengkapi dan menyempurnakan rancangan RKPD tahun 2022 dan perubahan RPJMD 2018-2023,” jelas Sekda.

Sekda menyampaikan isu kemiskinan dan gini ratio yang masih tinggi, SDM masyarakat yang berdaya saing dan daya saing produk lokal masih menjadi domain dalam pembangunan khusus di Bolmut.

“Sehingga perlu komitmen kuat dari berbagai stackholder dalam meningkatkan kinerja program,” kata Nani.

Ia pun berharap melalui forum konsultasi publik ini juga diharapkan dapat inventaris dan dirumuskan permasalahan pembangunan, sekaligus alternatif pemecahannya, yang wujud konkritnya berupa program kegiatan yang mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan menjawab permasalahan mendesak di tahun 2022.

Program kegiatan strategis yang dapat memberdayakan membangkitkan partipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan membuka kesempatan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat perlu menjadi perhatian bersama.

Diketahui perubahan RPJMD dengan adanya perubahan kebijakan nasional, hasil pengendalian dan evaluasi hingga kondisi terkini pandemi Covid-19.

Fakta menarik dan bermanfaat