/

Sejarah Desa Nagara

Kantor desa Nagara, Kecamatan Bolangitang Timur. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Menurut sejarah dan legenda yang disampaikan oleh orang-orang tua bahwa pada zaman dahulu Desa ini namanya Desa Nagara karena ditempati oleh seekor Ular Naga yang besar, pada awalnya jumlah penduduknya berjumlah lima Kepala keluarga berasal dari Gorontalo, seorang dengan waktu berjalan  penduduknya makin bertambah.


Pada tahun 1946 datang masyarakat berasal dari Daerah Siau dengang istilah Kolonisasi atau sekarang dikenal dengan Transmigrasi mereka berjumlah kurang lebih 40 Kepala Keluarga dan sah menjadi masyarakat Nagara. Dengan datangya masyarakat tersebut maka desa ini, Nagara makin berkembang  degan persetujuan dan musyawarah semua masyarakat maka Desa Nagara diganti dengan Desa Mokoditek yang dalam bahasa Bolangitangnya Mokodiito yang artinya menakutkan.

Ketika penduduknya makin padat maka Desa Mokoditek dimekarkan menjadi tiga Desa yaitu : Desa Mokoditek Induk, Desa Mokoditek I dan Desa Nagara.

Pada tanggal 14 Januari 2013 tepat hari Senin  Desa Nagara resmi menjadi sebuah Desa di Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolmong Utara di bawah PJS Sangadi yaitu Ahmad Ngadi dengan persetujuan Bupati Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara.

Sumber pemerintah desa Nagara

Fakta menarik dan bermanfaat