Sebagai pondasi rumah ini lima kelebihan batu kali

Batu Kali © Freepik/alexphotos

TORANGPEBERITA.COM- Batu kali digunakan sebagai pondasi rumah banyak ditemukan di berbagai bangunan. Bukan tanpa alasan.

Berikut lima karakter batu kali dilansir dari m.diadona.id


1. Memiliki Karakter yang Sederhana

Batu kali memiliki karakter konstruksi yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya. Tak hanya itu, bahan baku maupun kebutuhan penggunaan alat berat yang digunakan dalam pembuatan pondasi rumah dari batu kali tidak terlalu banyak. Jadi, proses pengerjaan pondasi batu kali terbilang praktis dan bisa menghemat biaya pengeluaran.

2. Fleksibel dan Ukurannya bisa Disesuaikan

Batu kali dinilai fleksibel dan ukurannya dapat disesuaikan dengan mudah berdasarkan lebar bangunan. Artinya, pondasi batu kali memiliki daya topang maksimal dan dapat meminimalisir ketidakakuratan pondasi pada bangunan rumah.


3. Struktur Bangunan akan Jadi Lebih Kuat dan Kokoh

Umumnya batu kali ditanam di bawah permukaan tanah. Hal ini dilakukan agar daya topangnya semakin kokoh. Oleh karena itu, pondasi batu kali pun sangat efektif dalam membuat struktur bangunan yang dibangun di atasnya. Jadi, material konstruksi dari batu kali ini terbukti kuat dan kokoh.


4. Kuat Terhadap Guncangan dan Mampu Meredam Getaran


Hingga kini, batu kali masih digunakan dan diunggulkan dibandingkan dengan bahan lainnya. Hal ini karena batu kali memiliki karakter yang daya tahannya tinggi terhadap guncangan seperti gempa.


5. Meminimalisir Risiko Kebocoran

Pondasi batu kali menghasilkan struktur bangunan yang lebih kokoh dan memiliki risiko banjir atau kebocoran. Selain itu, pondasi rumah dari batu kali juga tidak rentan terhadap jamur. Bangunan yang didirikan dengan material batu kali bisa lebih tahan lama jika dibandingkan bangunan dengan menggunakan jenis pondasi lainnya.

Fakta menarik dan bermanfaat