Delapan penyebab penyakit asma

Penyebab penyakit asma. (2021 Medlife.com)

TORANGPEBERITA.COM- Sejauh ini penyebab penyakit asma belum diketahui. Kemungkinan, ini merupakan kombinasi dari faktor genetik dan juga lingkungan.

Penyakit asma adalah kondisi di mana saluran udara di tubuh akan menyempit, sementara otot-otot di sekitarnya akan mengencang, membengkak serta menghasilkan lendir ekstra. Makanya, penderita jadi ngerasain sesak dan sulit bernapas.

Mengutip Mayo Clinic, ada beberapa paparan berbagai bahan iritan dan alergen yang bisa memicu gejalanya asma. Tapi, ini bisa berbeda di setiap orang. Penyebab penyakit asma kambuh bisa karena:

Alergi

Ini adalah penyebab penyakit asma kambuh secara umum. Sebanyak 80 persen penderita punya alergi terhadap benda-benda yang umum di udara antara lainserbuk sari pohon, rumput, dan gulma, bulu binatag, tungau debu dan kotoran kecoa.

Makanan dan Zat Aditif

Asma bisa menjadi bagian dari reaksi parah dan berlebihan alergi makanan yang disebut dengan anafilaksis.

Asma Karena Olahraga

Olahraga bisa menjadi penyebab penyakit asma kambuh pada mereka yang memang memiliki riwayat penyakit ini. Gejalanya bisa berupa dada sesak, batuk , dan kesulitan bernapas dalam 5 hingga 15 menit pertama saat olahraga. Tapi kebanyakan nih gejala ini bakalan hilang. Maka apa yang harus dilakukan agar tak kambuh saat berolaharag? Yaitu lakukan pemanasan.

Maag

Sakit maag dan asma yang parah sering kali berjalan seiring. Ini terjadi ketika asam lambung kambuh, asam lambung bakalan naik ke tenggorokan atau saluran udara trus memicu iritasi. Nah, ini bisa jadi penyebab penyakit asma kambuh.

Merokok

Orang yang merokok lebih mungkin terkena asma. Perokok bakalan mengalami gejala asma berupa batuk atau mengi yang bertambah parah. Ini juga terjadi pada ibu hamil yang merokok yang akan membuat fungsi paru-paru bayi jadi lebih buruk.

Infeksi

Pilek, flu, bronkitis , dan sinus bisa jadi penyebab penyakit asma kambuh. Dan infeksi ini bisa jadi berupa virus atau bakteri.

Sinusitis

Sama seperti asma yang menyebabkan peradangan pada lapisan saluran udara Anda, sinusitis menyebabkan peradangan pada selaput lendir yang melapisi sinus. Akibatnya, selaput mengeluarkan lebih banyak lendir.

Emosi

Stres dan asma sering muncul bersamaan. Padahal, rasa cemas, menangis, berteriak, stres, marah, atau tertawa keras dapat menyebabkan serangan asma.

Seseorang nggak bisa mengetahui mengapa dirinya memiliki asma dan orang lain tidak. Namun, dengan tahu penyebab penyakit asma kambuh bisa digunakan sebagai panduan untuk mengurangi terjadinya serangan asma dan menghindarinya.

Sumber : m.diadona.id

Fakta menarik dan bermanfaat