Bolmut bakal dibangun lapas

Pertemuan dengan Kakanwil Kemenkumham Sulut. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh menerima kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara Lumaksono, S.H., M.H, Jumat 26 Februari 2021 bertempat di ruang kerja bupati.


Kunjungan kerja ini dalam rangka mendorong terlaksananya pembangunan hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) di daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Dalam pertemuan tersebut terdapat tiga agenda penting yang dibicarakan yakni terkait pelaksanaan fasilitasi penyusunan produk hukum daerah, implementasi program Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) dan Kabupaten/Kota peduli HAM, dan pelaksanaan penyuluhan hukum.

Kakanwil Kemenkumham berharap pada tahun ini, Kabupaten Bolmut dapat mengupayakan atau menargetkan mendapat penghargaan Kabupaten peduli HAM.

“Sehingga menggambarkan Bolmut telah melaksanakan salah satu komitmen pemerintah untuk bersama menjaga, melindungi, dan memajukan HAM di daerah,” katanya dilansir dari JDIH Bolmut.

Terkait dengan program fasilitasi penyusunan produk hukum daerah, sejak tahun 2014 Pemda Bolmut telah menjalin kerja sama melalui penandatanganan nota kesepahaman tentang kerja sama di bidang legislasi daerah dan terus dilanjutkan hingga Maret tahun 2022.

Perjanjian kerja sama tersebut yang menjadi dasar selama ini dalam hal Pemda membutuhkan tenaga ahli perancang peraturan perundang-undangan dalam penyusunan naskah akademik, penyusunan rancangan peraturan daerah, dan lain sebagainya.

“Kami mempunyai rencana ke depan di Bolmut untuk dibangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) mudah-mudahan pada saatnya nanti pak Bupati dapat membantu memfasilitasi perencanaan ini,” kata Kakanwil.

Sementara itu Bupati Bolmut menyambut baik rencana kanwil Kemenkumham Sulawesi utara untuk membangun Lapas di Kabupaten Bolmut.

Fakta menarik dan bermanfaat