Termasuk Bongkil, pemerintah akan sertifikasi 111 Pulau-pulau kecil terluar

Pulau Bongkil bisa anda kunjungi untuk liburan akhir tahun. (Foto kiriman Dahlan Lajulu)

TORANGPEBERITA.COM- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional akan melakukan sertifikasi 111 Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) Indonesia untuk mencegah okupansi atau klaim kepemilikan dari pihak lain. 

Direktur Pengendalian Hak Tanah, Alih Fungsi Lahan, Kepulauan dan Wilayah Tertentu Kementerian ATR/BPN, Asnawati, menyampaikan Direktorat Jenderal Pengendalian Penertiban Tanah dan Ruang pada 16 Februari yang lalu mengadakan FGD membahas masalah tindak lanjut dari 111 pulau-pulau kecil terluar.

“Dari FGD itu disimpulkan ada rencana untuk melakukan kegiatan atau sertifikasi pulau-pulau terluar,” ujar Asnawati.

Penetapan 111 pulau-pulau kecil terluar ini, kata Asnawati dilakukan juga untuk meminimalisir permasalahan yang sering timbul yang kerap mengganggu ketahanan dan keamanan Indonesia.

Rencana penyertifikatan pulau kecil terluar ini masih berupa konsep dan belum ditentukan secara rinci pelaksanaannya. Namun Kementerian ATR/BPN akan menuangkan konsep ini ke dalam petunjuk teknis yang akan rampung dalam waktu dekat.

“Saat ini masih kami godok, Insya Allah dalam waktu dekat akan rampung juknisnya,” kata Asnawati. (Liputan6.com/BNPP.go.id)


Inilah Pulau-Pulau Kecil Terluar berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2017 yang ditetapkan pada 2 Maret 2017:

Sulawesi Utara: Pulau Bongkil (Pulau Bangkit); Pulau Mantehage (Pulau Manterawu); Pulau Makalehi; Pulau Kawaluso; Pulau Kawio; Pulau Marore; Pulau Batuwaikang; Pulau Miangas; Pulau Marampit; Pulau Intata; Pulau Kakorotan; Pulau Kabaruan.

Fakta menarik dan bermanfaat