Pentingnya pengarusutamaan gender dalam mendukung pembangunan di Bolmut

TORANGPEBERITA.COM- Wakil Bupati (Wabup) Bolmut Amin Lasena membuka kegiatan pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) pada perangkat daerah Kabupaten Bolmut tahun 2021, Rabu 24 Februari 2021 bertempat di Boroko Convention Center.

Kepala Dinas (Kadis) PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk percepatan pelaksanaan pengarusutamaan gender dan pencapaian pemerintahan yang baik.

Selanjutnya, dengan pelatihan ini agar pelaksanaan PPRG, menjadi lebih terarah, sistematis dan sinergi, baik ditingkat nasional maupun di tingkat daerah.

“Sehingga dengan pelatihan ini aparatur perangkat daerah yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pengarusutamaan gender diunit kerjanya masing-masing,” kata Lasama.

Sebelumnya Wabup Amin Lasena mengatakan pengarustamaan gender adalah suatu strategi untuk mencapai Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG) melalui kebijakan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki kedalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan.

Ia mengatakan kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan awal yang selanjutnya diharapkan akan dapat menyusun dokumen perencanaan penganggaran yang responsif gender.

“Sehingga dapat menghasilkan dokumen pendukung perencanaan penganggaran yang responsif gender,” ujar Bupati.

Dalam kaitan dengan itu, maka disamping akan membahas bagaimana dan langkah apa yang dilakukan dalam rangka memantapkan eksitensi pemberdayaan perempuan. Kegiatan ini diharapkan juga dapat membahas hal-hal teknis mensolusikan permasalahan-permasalahan yang ada.

“Hal ini penting dalam rangka semakin memicu dan memacu bergeraknya berbagai pilar strategis daerah, guna mewujudkan masyarakat yang semakin sejahtera,” ungkap Lasena.

Fakta menarik dan bermanfaat