Pentingnya pendidikan keaksaraan di Kabupaten Bolmut

Kegiatan sosialisasi tutor keaksaraan. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar sosialisasi pembekalan tutor keaksaraan tahun 2021, Selasa 23 Februari 2021.


“Penyelenggaraan program inovasi keaksaran dan pemberdayaan pemberantasan buta aksara dilaksanakan untuk mencapai target percepatan penuntasan buta aksara,” ujar kadis Dikbud Sulha Mokodompis melalui Kabid PAUD dan Dikmas Hilda Potabuga pada kegiatan sosialisasi pembekalan tutor keaksaraan di kantor Camat Kaidipang.

Selanjutnya meningkatkan perluasan akses pendidikan keaksaran melalui peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan agar memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Selain itu, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Bolmut, melalui peningkatan angka melek aksara. Sehingga menurut Potabuga data benar-benar yang dikunjungi memang warga belajar.

Sementara itu Nursanti Lauma menjelaskan, pengertian pendidikan keaksaran merupakan pendidikan bagi masyarakat yang buta aksara latin. “Agar mereka dapat membaca, menulis, berhitung dan berkomunikasi dalam bahasa indonesia serta pengetahuan dasar kepada peserta didik,” ujarnya saat menjadi narasumber pada kegiatan sosialisi tutor keaksaraan.

Diketahui ada puluhan tutor keaksaran yang hadir dalam kegiatan sosialisasi yang terdiri dari Kecamatan di Bolmut dan beragam gelar sarjana hingga berbagai kalangan.

Fakta menarik dan bermanfaat