Uang pensiun untuk nelayan

Nelayan di Kabupaten Bolmut saat sedang memperbaiki perahunya. (Foto Fandri Mamtonto)

TORANGPEBERITA.COM- Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono ingin adanya terobosan dan memastikan jaminan hari tua atau uang pensiun untuk nelayan dalam rangka melindungi dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“Perlindungan dan peningkatan kesejahteraan nelayan menjadi prioritas capaian Kementerian Kelautan dan Perikanan. KKP berencana melakukan sejumlah terobosan untuk mencapai target tersebut, salah satunya memastikan adanya jaminan hari tua atau uang pensiun untuk nelayan,” katanya saat mengunjungi lokasi Lumbung Ikan Nasional di Maluku beberapa waktu lalu seperti dikutip dari KKP.

Ia mengatakan ada tiga hal yang harus dicanangkan pertama adalah asuransi kecelakaan, kedua asuransi kesehatan, dan ketiga tunjangan hari tua.

Ia juga menargetkan adanya transformasi sistem penangkapan ikan dan pengawasan terhadap kapal-kapal perikanan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tujuannya untuk peningkatan produktivitas nelayan, menjaga kualitas produk, serta menjamin keberlanjutan populasi perikanan di laut Indonesia.

Dia juga meminta jajarannya rutin berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait serta pemerintah daerah. Dia menyadari pengembangan program tersebut penuh dengan tantangan sehingga perlu kerja sama semua pihak agar menghasilkan output yang maksimal.

Fakta menarik dan bermanfaat