Keindahan pantai Mulut Seribu

Keterangan Gambar : Doc: Website Disbudpar Kabupaten Rote Ndao

TORANGPEBERITA.COM- Pantai Mulut Seribu terletak di Kecamatan Landu Leko, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari Kota Kupang menempuh jalur laut selama 2-4 jam ataupun jalur udara selama 15 menit untuk menuju ke Ba’a, Ibu Kota Kabupaten Rote.

Setelah itu harus melanjutkan perjalanan ke Rote Timur tepatnya di Pelabuhan Papela dengan menggunakan mobil atau kendaraan umum yang ada disana selama kurang lebih 2 jam. Sesampainya disana, bisa menyewa kapal nelayan untuk mengeksplor keindahan Pantai Mulut Seribu.

Pemerintah Provinsi NTT sudah menetapkan Pantai Mulut Seribu sebagai destinasi pariwisata yang berkelas dunia. Tahun 2020 Pantai Mulut Seribu masuk dalam salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) pada kategori Surga Tersembunyi Terpopuler.

Wisatawan akan disuguhi panorama pulau-pulau kecil dengan air yang tenang berwarna hijau jernih serta dikelilingi karang-karang kecil yang ditumbuhi tanaman bakau. Dapat berjumpa dengan warga yang mengangkut hasil panen rumuput laut menggunakan perahu motor. 

Pemandangan laut yang tenang akan memanjakkan mata. Bagaikan berada di labirin, lokasi menuju Pantai Mulut Seribu hampir memiliki pintu masuk dan keluar yang seragam Netas. Wisatawan perlu menyewa kapal nelayan setempat supaya tidak kewalahan menemukan jalan keluar. Jika sudah pukul 15.00 keatas, sudah harus kembali nih ke Pelabuhan Papela supaya terhindar dari air pasang di labirin Pantai Mulut Seribu.

Saat akan mengunjungi Pantai Mulut Seribu hindari musim barat atau sekitar bulan Oktober-April ya, karena mengingat perairan disana terhubung ke Laut Timor sehingga bergelombang tinggi. 

Sumber : BNPP

Fakta menarik dan bermanfaat