Mendorong percepatan pembangunan kawasan pesisir di Bolmut dan Utara Sulawesi

  • Share
Masyarakat pesisir yang sedang melaut di Bolmut. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menjadi tuan rumah rapat kerja pelaksanaan program Badan Kerjasama Utara-Utara (BKSU) Kamis 18 Februari 2021.

Kegiatan rapat kerja sendiri dibuka oleh wakil bupati Bolmut Amin Lasena, ia mengatakan tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mendorong akselerasi pembangunan di kawasan Utara Sulawesi. “Dengan prinsip saling memperkuat sehingga diharapkan dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi meningkatkan kesejahteraan masyarakat memelihara kelestarian sumber daya alam serta lingkungan dan mewujudkan kawasan terateis nasional perbatasan dari aspek ekonomi wilayah,” katanya.

Badan kerjasama utara utara ini ada tiga program unggulan yaitu pengembangan pertanian dan perikanan pengembangan potensi pariwisata dan program bidang kelautan dan perikanan.

Sehubungan dengan forum rapat bidang kelautan dan perikanan pada hari ini. Sebagaimana penyampaian Dirjen perikanan budidaya pada rapat teknis lingkup Dirjen yang menghasilkan tiga point penting yaitu:

Pertama, pengembangan budidiaya perikanan periode 2020-2024 menjadi prioritas dalam pembangunan sektor perikanan indonesai melalui mode klaster.

Kedua, BKSU menjadi salah satu dari 50 titik prioritas untuk pegembagan kraster udang vaname.

Ketiga, tahun 2020 direktorat jenderal perikanan budidaya mengalikasikan percontohan pengembangan budidaya udang vaname setiap daerah 10 hektar di wilayah badan kerjasama utara utara di Kabupaten Bolmut, Gorontalo Utara, Buol, dan Bone Bolango.

Sementara itu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan pembangunan kawasan pesisir harus diiringi oleh kesadaran yang kuat dari masyarakat setempat untuk memajukan daerahnya. “Untuk itu, perlu penguatan edukasi saat merealisasikan setiap program pembangunan kawasan pesisir, selain mendirikan infrastruktur fisik. Sehingga tujuan mensejahterakan masyarakat pesisir dapat tercapai,” ujarnya.


“Jadi saya berharap ini bukan hanya pembangunan fisiknya saja, tapi juga pembinaan kepada masyarakat dikuatkan. Ini untuk menambah pengetahuan bagaimana mengolah potensi yang dimiliki menjadi sesuatu yang punya nilai ekonomi. Sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan lestari,” ujar Menteri Trenggono.

Fakta menarik dan bermanfaat
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *