Di era digital anak sedari dini harus dilatih berpikir kritis

Anak-anak di Bolmut saat membaca buku melalui perpustakaan keliling. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Pendidikan untuk anak usia dini di tengah pandemi Covid-19 harus tetap jalan. Karena itu adalah usia krusial puncak perkembangan anak yang mempengaruhi masa depannya.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi), Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si membagikan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua demi keberhasilan keberlangsungan pendidikan anak usia dini.

Prof mengatakan anak sedari dini harus dilatih berpikir kritis atau critical thinking, ini disebabkan karena terlalu banyaknya informasi yang masuk di era digital seperti sekarang. “Sehingga anak terlatih untuk memilah informasi mana yang berguna, mana yang tidak. Selain itu anak juga harus dilatih untuk berpikir kreatif dan mengembangkan kemampuan kognitif agar memiliki daya juang lebih, terlebih di era pandemi seperti ini,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Selain nutrisi gizi, orang tua diimbau untuk tidak lupa memberikan nutrisi hati kepada anak agar anak tidak memiliki trauma atau luka masa kecil yang bisa dibawa hingga dewasa nanti.

Para orangtua pun harus paham pola komunikasi yang baik dan benar dengan anak karena itu juga merupakan aspek stimulasi yang penting pada anak usia dini.

“Jangan takut untuk mulai mendaftarkan anak pada fasilitas pendidikan sejak usia 2 tahun, sedini mungkin agar dapat mengembangkan karakter dan life skill. Guru dapat membuat rencana kegiatan pembelajaran, orang tua dapat mengimplementasikan rencana kegiatan dari rumah,” ungkapnya.


Fakta menarik dan bermanfaat