/

Dihadapan BNPP dan Kementrian PUPR, sekda Bolmut paparkan kondisi Pinogaluman

Sekda Bolmut Asripan Nani saat menyampaikan persentase di depan BNPP RI. (Foto Prokopim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Asripan Nani mempersentasikan wilayah Pinogaluman menjadi Lokasi Prioritas (Lokpri) Nasional di hadapan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Kementrian PUPR RI di Jakarta, Senin 15 Februari 2021.

Dalam pemaparan Sekda menyampaikan kondisi perbatasan Pinogaluman yang saat ini mengalami darurat abrasi pantai di desa Buko, Buko Utara dan Tombulang Pantai.

Dihadapan BNPP dan Kementerian PUPR kondisi abrasi pantai sangat mendesak untuk segera ditanggani pembuatan tanggul penahan ombak sebab sangat menghawatirkan terhadap penduduk setempat yang terdampak.

Sekda juga menyampaikan kondisi Daerah Airan Sungai (DAS) sungai andagile yang berada di perbatasan Gorontalo Utara dan Bolmut, serta kondisi kesehatan pendidikan dan pasar rakyat Kecamatan Pinogaluman menjadi bagian yang di persentasikan untuk mendapat perhatian dari Kementerian terkait.

Deputi BNPP dan Kementerian terkait dalam waktu dekat akan mengunjungi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai respon terhadap kondisi darurat bencana yang terjadi di Bolaang Mongondow Utara.

Fakta menarik dan bermanfaat