/

Terkait tunjangan pimpinan dan anggota DPRD Bolmut akan libatkan UNG

Paripurna Ranperda APBD 2021. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Utara Asripan Nani, Kamis 11 Februari memimpin rapat pembahasan Rancangan Peraturan Bupati (Ranperbub) terkait pemberian tunjangan perumahan dan transportasi bagi pimpinan dan anggota DPRD di ruang kerja Sekretaris Daerah.

Sebagaimana diketahui pemberian tunjangan perumahan dan transportasi bagi pimpinan dan anggota DPRD merupakan amanat Pasal 17 ayat (6) Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bolmut nomor 3 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Sekda Bolmut Asripan Nani mengungkapkan terkait dengan besaran angkanya. “Kami akan tetap mempertimbangkan kepatutan, kewajaran, rasionalitas, dan standar satuan harga yang ditetapkan pemda,” ungkapnya seperti dikutip dari JDIH Bolmut.

Sementara itu Sekertaris DPRD Bolmut Musliman Datukramat mengatakan dalam penyusunan kajian akademik. “Kami bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Gorontalo,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Sriwahyuni Pontoh menambahkan pada 2019 dishub juga telah membuat kajian terkait besaran tunjangan transportasi pimpinan dan anggota DPRD.

“Agar lebih komprehensif, seluruh kajian yang ada dapat dijadikan acuan sebagai bahan perbandingan dalam menentukan besarannya,” kata dia.

Terpisah Kepala Bagian (Kabag) Hukum Ivan Gahtan menjelaskan pemberian tunjangan bagi DPRD ini sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. “Dan terkait besarannya tidak boleh melebihi dari tunjangan DPRD Provinsi,” ujarnya.

Fakta menarik dan bermanfaat