///

Mendorong perekonomian Bolmut agar terus tumbuh dan dunia usaha berkembang  

Asripan Nani saat membuka Konfercab SBSI Bolmut. (Foto Rahmat Tegila Propokim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Sekertaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Asripan Nani membuka konfresi cabang (konfercab) pertama Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kabupaten Bolmut, Rabu 10 Februari 2021 bertempat di gedung wanita pantai Batu Pinagut.


Sekda menyampaikan sebagaimana diketahui bersama SBSI merupakan organisasi buruh yang didirikan pada tanggal 25 april 1992.

“Sebagai organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh, keberadaan SBSI diharapkan dapat wujudkan hak  berserikat buruh dengan maksimal, terutama dalam memperjuangkan, melindungi dan membela kepentingan serta meningkatkan kesejahteraan pekerja,” kata Asripan.

Kehadiran serikat buruh ini, tentunya 
merupakan sarana untuk memperjuangkan 
kepentingan para pekerja.

“Yang saya nilai harus memiliki rasa tanggung jawab atas kelangsungan hidup pekerja buruh khususnya atas jaminan sosial dan jaminan atas kepastian kerja bagi kaum buruhsesuai harkat dan martabanya. sehingga keberadaan serikat buruh sangat mutlak dibutuhkan oleh pekerja,” jelasnya.

 
Seiring perjalanan waktu hubungan antara 
pekerja dan dunia usaha, terkadang muncul perbedaan sehingga menimbulkan gejolak ketenagakerjaan. oleh karena itu, kiranya setiap menghadapi persoalan hendaknya lebih mengedepankan komunikasi atau dialog, karena perjuangan para buruh dalam memperjuangkan aspirasi dan hak-haknya akan lebih efektif apabila dilakukan melalui dialog utuk mencari solusi yang menguntungkan semua pihak.

“Gejolak ketenagakerjaan harus kita hindarkan agar kinerja ekonomi di daerah terus tumbuh, dunia usaha berkembang dan kesejahteraan buruh meningkat. apabila kondisi ini dapat kita pelihara dengan baik, ini berarti kita bersama-sama  membangun win-win solution, karena dunia usaha dapat menunaikan tanggung jawab sosial yang dapat dirasakan juga manfaatnya oleh masyarakat luas,” ucap Sekda.

 

Fakta menarik dan bermanfaat