/

Pemkab Bolmut jalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan

Penandatanganan kerjasama antara Pemkab Bolmut dan BPJS Ketenagakerjaan. (Foto Propokim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Bupati Bolmut Depri Pontoh didampingi Sekda Bolmut Asripan Nani dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menghadiri penandatangan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara pemkab Bolmut dengan BPJS Ketenagakerjaan, Jumat 5 Februari 2020 di hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Kerjasama ini tentang penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pegawai pemerintah non aparatur sipil negara, kepala desa, BPD dan lembaga desa lainnya dilingkungan pemkab Bolmut.

Kerjasama antara pemkab Bolmut dan BPJS Ketenagakerjaan. (Foto Prokopim pemkab Bolmut)

Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan
undang-undang nomor 40 tahun 2004 tentang  sistem jaminan sosial nasional dan undang- undang  nomor 24 tahun 2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial, menyatakan negara 
mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat. Dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan.

Baca Pula:  Berlaga hari ini, Bupati Bolmut lepas Persibolmut arungi liga 3 zona Sulut

“Selanjutnya manfaat perlindungan tersebut dapat memberikan rasa aman kepada pekerja sehingga dapat lebih berkonsentrasi dalam meningkatkan motivasi maupun produktivitas kerja,” kata dia.

Ia mengatakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam memberikan jaminan terhadap keselamatan kerja bagi pekerja non asn di lingkungan pemkab Bolmut.

Bupati Bolmut Depri Pontoh saat menjalin kerjasama. (Foto Propokim pemkab Bolmut)

“Maka dilaksanakanlah perjanjian kerjasama kepesertaan BPJS ketenagakerjaan bagi non asn yang saya nilai sangat penting,” ujar Bupati Bolmut.

Karena kepesertaan BPJS ketenagakerjaan akan memberikan perlindungan jaminan sosial kepada tenaga kerja berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), sehingga dapat memberikan rasaaman dalam melaksanakan tugas dalam resiko terjadinya kasus kecelakaan kerja maupun  meninggal dunia serta terpenuhinya unsur-unsur dalam sistem perlindungan jaminan sosial bagi pegawai pemerintah non asn. 

Bupati menambahkan dengan ditandatangani nota kesepahaman ini, menandakan terjalinnya kerjasama antara Pemkab Bolmut dan BPJS ketenagakerjaan dalam memberikan  kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial kepada para pekerja non asn. Dengan besaran tarif iuran yang terbilang sangat ringan yaitu hanya 0,54% saja dari besaran upah yang diterima oleh pekerja non ASN. 

Dalam penandatanganan kerjasama ini dihadiri langsung kepala BPJS Sulawesi Utara Hendrayanto dan kepala BPJS Kotamobagu/Bolmong Raya, Suhardi Achmad.

Fakta menarik dan bermanfaat