//

Abrasi pantai di Buko Utara, tiap tahun daratan terkikis sampai 5 meter

Potret lokasi abrasi pantai di Buko Utara Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmut. (Foto Bapeltibang/Prokopim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Abrasi di Pantai Buko Utara, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kian mengkhawatirkan.

Bagaimana tidak, abrasi pantai kini mulai berdampak pada puluhan rumah yang ada di wilayah desa Buko Utara.

Sekertaris desa (Sekdes) Buko Utara Sadam Yarbo mengungkapkan setiap tahun kejadian abrasi pantai terjadi. “Tiap tahun sekitar 5-6 meter yang dikikis gelombang,” ujarnya, Selasa 2 Februari 2021.

Ia mengatakan tahun ini yang paling parah. Saat tanggal 30 sampai 31 Januari 2021. Ada 10 rumah yang terdampak 14 Kepala Keluarga (KK) dan 31 jiwa, dan sisanya rumah tergenang air.

“10 rumah ini terkena abrasi pantai sampai ke dapur rumah. Satu rumah dapur sudah rusak karena jatuh bibir pantai yang abrasi,” kata Sadam.

Belum lama ini, ia menambahkan sekitar 10 meter air masuk sampai ke darat. Ia pun menuturkan pemerintah desa selalu mengusulkan talud pemecah ombak di Musrembang setiap tahun. Selanjutnya memindahkan sebagian masyarakat yang sudah terdampak ke rumah nelayan.

Saat ini upaya dilakukan adalah adanya karung diisi pasir sumbangsih dari masyarakat desa tetanga dan beberapa anggota DPRD serta upaya pemerintah desa. Sejak dua minggu yang lalu sampai kemarin, sudah ada sekitar 5000-an karung

“Karena setelah di isi siang, malamnya di hantam kembali. Akhirnya harus diperbaiki lagi,” ujarnya.

Beberapa kali dikunjungi pemerintah daerah dan Provinsi

Pada tanggal 10 Juli 2020 pemerintah Kabupaten Bolmut melaksanakan kegiatan  penanaman pohon penangkal abrasi di pesisir pantai Buko Utara. 

Selanjutnya pada Oktober tahun lalu gubernur Sulut Olly Dondokambey (pada saat itu sebagai calon gubernur) mendatangi dan meninjau kawasan pesisir pantai di Desa Buko dan Desa Buko Utara

Dirinya mendengar langsung apsirasi yang disampaikan masyarakat berharap soal penanganan dari pemerintah terkait ancaman abrasi pantai tersebut.


Selanjutnya Bupati Bolmut Depri Pontoh bersama wakil bupati Amin Lasena didampingi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau lokasi abrasi pantai di desa Buko Utara, Kecamatan Pinogaluman, Selasa 2 Februari 2021.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmut Victor Nanlesy mengatakan ada sekitar 10 rumah yang terdampak. “Tadi juga telah di beri bantuan beras 1,5 ton kepada masyarakat terdampak,” ujarnya.

“Pemkab Bolmut segera menindaklanjuti ke pemerintah provinsi dan pusat,” kata Kaban BPBD.

Fakta menarik dan bermanfaat