Presiden Myanmar dan Aung San Suu Kyi ditahan militer

Myanmar state counselor Aung San Suu Kyi has been detained along with other ruling party figures. Photograph: Martin Divíšek/EPA

TORANGPEBERITA.COM- Aung San Suu Kyi dan presiden Myanmar  Win Mynt serta tokoh senior partai berkuasa lainnya telah ditahan oleh militer dalam penggerebekan dini hari, kata juru bicara partai pada hari Senin 1 Februari 2021.

Juru bicara Myo Nyunt mengatakan kepada Reuters bahwa Suu Kyi, Presiden Win Myint dan para pemimpin lainnya telah “dibawa” pagi-pagi sekali.

“Saya ingin memberi tahu orang-orang kami untuk tidak menanggapi dengan gegabah dan saya ingin mereka bertindak sesuai dengan hukum,” ujar Myo dikutip dari The Guardian, seraya menambahkan dia juga diperkirakan akan ditahan.

“Kami harus berasumsi bahwa militer melakukan kudeta,” kata seorang juru bicara partai.

Seorang anggota parlemen NLD, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan, mengatakan salah satu dari mereka yang ditahan adalah Han Thar Myint, seorang anggota komite eksekutif pusat partai.

Saluran telepon ke Naypyitaw, ibu kota, tidak bisa dihubungi pada Senin dini hari. BBC melaporkan bahwa tentara berada di jalan di Yangon dan Naypyitaw. Seorang juru bicara militer tidak menjawab panggilan telepon untuk dimintai komentar.

Penggerebekan terjadi setelah militer negara itu meningkatkan ancaman melakukan kudeta karena tuntutan untuk penyelidikan atas dugaan kecurangan pemilih selama pemilu tahun lalu, yang dimenangkan oleh partai yang berkuasa Aung San Suu Kyi.

Zonautara.com

Fakta menarik dan bermanfaat