/

Esok vaksinasi Covid-19 di Bolmut, dinkes lakukan skrining pada pejabat daerah

TORANGPEBERITA.COM- Senin 1 Februari 2021, kegiatan vaksinasi Covid-19 pertama dilaksanakan di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut).

Kepala dinas kesehatan Bolmut Jusnan Mokoginta mengatakan terkait pelaksanaan vaksinasi besok sudah dilakukan skrining kesehatan awal pravaksinasi Covid-19 pada Forkopimda yang akan di vaksin pada pencanangan ini.

Jusnan merinci ada 11 sasaran yang telah dilakukan skirining yaitu, Bupati, wakil Bupati, ketua dewan, kajari, kapolres perwira penghubung, Sekda, kepala pengadilan agama, kepala kemenag, ketua FKUB (tokoh agama), serta ketua PWI Bolmut.

Ia mengatakan selanjutnya, skrining akan dilaksanakan pada saat pelaksanaan vaksinasi yaitu di meja dua yang akan menentukan kondisi tubuh penerima vaksin. “Pada saat itu apakah layak atau tidak untuk di vaksin oleh tim dokter spesialis yang dipimpin oleh dr Prima SpPD yaitu Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang bertugas di RSUD Bolmut,” ujarnya.

Pada dasarnya semua Forkopimda bersedia untuk hadir dan siap divaksin apabila memenuhi syarat.

Sementara itu ditanya apakah Bupati Bolmut juga akan divaksin, Jusnan menambahkan beliau masuk sasaran tapi tidak masuk kriteria. “Karena sudah pernah terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya.

Dari hasil skrining ada beberapa yang memenuhi kriteria untuk di vaksin dan tidak untuk divaksin tapi secara umum semua akan hadir dalam pencanangan besok pagi.

Fakta menarik dan bermanfaat