/

Gorontalo Utara dilanda banjir

Banjir merendam puluhan rumah warga, di antaranya di Desa Milango, Dambalo dan Jembatan Merah Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

TORANGPEBERITA.COM- Sabtu 30 Januari 2021 sejumlah desa di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, sejak pukul 15.30 Wita, terendam banjir luapan air dari daerah aliran sungai (DAS) wilayah setempat.

Desa yang terendam banjir di antaranya Desa Milango, Dambalo dan Jembatan Merah, Kecamatan Tomilito, serta Desa Moluo, Kecamatan Kwandang.

Kepala Desa Milango, Kecamatan Tomilito Eman Kadir di Gorontalo Utara, Sabtu, mengaku banjir tersebut diakibatkan luapan air dari daerah aliran sungai (DAS) yang ada di wilayah tersebut. Selain merendam puluhan rumah warga, banjir tersebut juga merendam lahan pertanian dan akses jalan utama.

“Intensitas hujan sangat tinggi, saya memilih turun langsung ke pemukiman untuk mengimbau warga agar waspada banjir bandang, mengingat luapan air sungai disertai arus kencang masih terus terjadi,” ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan banjir di wilayah tersebut juga dipicu rusaknya tanggul pengaman yang ada di Desa Milango. “Sehingga air merembes ke permukiman warga begitu cepat. Kondisi ini sudah dirasakan sejak akhir tahun 2020,” ungkapnya.

Sampai saat ini pemerintah desa masih melakukan pendataan warga terdampak banjir dengan ketinggian bervariasi antara 40 sentimeter hingga 1 meter.

Sementara itu, banjir juga merendam pemukiman warga di Desa Jembatan Merah, Kecamatan Tomilito.

Banjir juga menggenang di pemukiman warga dan areal pertanian di Dusun Simpang Tiga Desa Dambalo, serta satu unit rumah rusak sedang akibat longsor.

Fakta menarik dan bermanfaat