/

Pentingnya toilet di destinasi wisata di Bolmut : jaga kebersihan bersama

Toilet yang ada di Pantai Batu Pinagut. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan kelayakan dan kebersihan toilet di tiap destinasi wisata merupakan salah satu unsur penting.

“Menurut saya senyata-nyatanya kalau kita mau revolusi sektor wisata itu harus dimulai dari toilet karena ini adalah tempat yang tidak bisa kita wakilkan untuk datang,” kata dia.

Ia menuturkan toilet di tempat wisata pun harus memiliki desain dan fasilitas yang baik. Sebab, sarana tersebut dinilai dapat mempengaruhi tingkat kunjungan wisata.


Ketua Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Naning Adiwoso, mengatakan ATI siap bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk revitalisasi toilet di tiap destinasi wisata. Menurutnya, keberadaan toilet di tiap destinasi wisata perlu pendampingan terus menerus agar tetap nyaman. Sehingga akan memunculkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

“Saya harap ke depannya, toilet ini menjadi sangat penting karena terus terang menurut World Health Organization (WHO), negara yang maju itu kalau negaranya sehat,” ujarnya.

Hal ini berkaitan dengan wisata sehat, karena suka tidak suka semua wisatawan akan mencari tempat yang sehat dan higienis pula, agar mereka tetap bahagia saat berlibur.

“Semoga kita bisa membantu memajukan keberadaan toilet di destinasi wisata. Ada beberapa kriteria yang harus kita kerjakan, agar lingkungan kita sehat,” jelasnya.


Bagaimana di Bolaang Mongondow Utara ?

Kepala dinas pariwisata Bolmut Mohammad Noh Djarumia menuturkan pihaknya terus berupaya membangun fasilitas di tempat wisata. Salah satunya di pantai Batu Pinagut.

Ia mengatakan terkait dengan keluhan warga terkait toilet di tempat wisata salah satunya di pantai Batu Pinagut pihaknya sudah menindaklanjuti hal tersebut.

Pegiat pariwisata Bolmut Sam Tampusu menambahkan fasilitas yang dibangun pemerintah seharusnya jaga bersama. Bagaimna pemerintah sudah membangun kemudian masyarakat yang menjaganya.

“Sehingga siapa saja pengunjung yang bilas disitu bisa memberika tarif sesuai arturan yang di tetapkan oleh pemerintah. Saya rasa apapun yang dibangun oleh pemerintah bisa kita jaga bersama,” jelasnya.

Fakta menarik dan bermanfaat