/

Menyoal komunikasi Dirut dan manajemen RSUD Bolmut

RSUD Bolmut. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Pekan lalu manajemen RSUD Bolmut sempat membuat kaget masyarakat Bolmut. Terlebih pengguna media sosial.

Senin 11 Januari 2021 manajemen RSUD Bolmut tiba-tiba membuat pengumuman RSUD ditutup sementara. Belum membuka pelayanan kesehatan kepada masyarakat terhitung mulai Selasa 12 Januari 2020.

Penutupan ini alasannya karena beberapa tenaga kesehatan kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Bahkan Direktur RSUD Bolmut melalui juru bicara RSUD Bolmut, Nur Damula membenarkan hal tersebut.

“Iya benar, RSUD menutup sementara pelayanan terhitung Selasa 12 Januari 2021 (Besok),” ujar Nur seperti dikutip dari Pantau24.COM

Ia mengatakan, penutupan sementara layanan kesehatan dilakukan karena ada tenaga kesehatan kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

Seluruh tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga non kesehatan di RSUD Bolmut akan menjalanani pemeriksaan SWAB sekaligus sterilisasi semua ruangan melalui penyemprotan disinfektan.

“Hal ini dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di lingkungan RSUD,” ujarnya.

Torangpeberita.com juga pada Senin 11 Januari 2020 telah berupaya melakukan konfirmasi ke Dirut RSUD Bolmut dan beberapa manajemen RSUD tapi tidak mendapat jawaban bahkan respon terkait penutupan RSUD kala itu.

Tapi pengumuman penutupan RSUD Bolmut tidak berdasarkan komunikasi dengan dinas kesehatan Bolmut dan satgas Covid-19.

Pengumuman RSUD Bolmut kala itu membuat Bupati Bolmut Depri Pontoh dan wakil Bupati Amin Lasena langsung berkunjung ke RSUD pada Selasa 12 Januari 2021. Sayangnya dalam kunjungan tersebut Dirut RSUD Bolmut tidak berada ditempat.

Kunjungan tersebut melihat langsung gedung baru UGD yang akan segera digunakan dalam memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Bupati Bolmut Depri Pontoh saat diwawancarai menjelaskan RSUD Bolmut tidak ditutup. Pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap jalan. “Dan itu saya pastikan tetap jalan,” tegasnya.

Selanjutnya pada apel Korpri, Senin 18 Januari 2021, wakil bupati Amin Lasena saat membaca sambutan Bupati meminta Dirut RSUD Bolmut membangun kordinasi dengan dinas kesehatan agar tidak terjadi miss komunikasi seperti yang terjadi pada beberapa waktu lalu.

Fakta menarik dan bermanfaat