Dinkes Bolmut turun ke Binjeita I, terkait keluhan warga soal dugaan keracunan makanan

Dinas Kesehatan Bolmut saat berkunjung ke rumah warga di Binjeita Satu. (Foto Dinkes Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melalui bidang P2M, Promkes dan Kesling menyikapi keluhan masyarakat terkait dugaan keracunaan makanan.

Dimana menimpa puluhan warga Desa Binjeita satu Kecamatan Bolangitang Timur pada saat menggelar acara Ulang tahun disalah satu rumah warga.


Kadis kesehatan Bolmut Jusnan Mokoginta melalui Kasie Promkes, Oppie Paputungan ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. “Kami sudah dapat laporan terkait insiden dugaan keracunan makanan itu dan kami pun langsung turun melakukan penyelidikan epidemiologi kasus keracunan makanan bersama dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

Ia mengatakan informasi yang kami dapatkan pada tanggal 13 januari 2021, salah satu warga desa Binjeita menggelar acara syukuran ulang tahun mereka pun dihidangkan berbagai macam jenis makan. Dan setelah mengkonsumsi makanan itu, mereka pun mulai mengeluh pusing, demam, mual dan muntah.


“Selanjutnya kami langsung turun ke lokasi untuk mencari tau apa penyebabnya. Tidak hanya itu saja, kami juga bersama Puskesmas terkait langsung memberikan penanganan, seperti untuk Diare langsung diberikan oralit oleh Tim dari Puskesmas,”ungkapnya.

Begitu pula halnya dengan Promosi Kesehatan, langsung memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama kepada korban dan keluarga terkait dengan keracunan makanan ini.

Kami juga meminta kepada korban yang belum sempat ke Puskesmas agar segera berobat karena dikhawatirkan gejala tersebut bisa lebih parah lagi.

“Rencananya Dinas Kesehatan dan Puskesmas terkait akan melakukan pelayanan kesehatan dan pengobatan di wilayah terdampak. Dan melalakukan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut,” jelas Paputungan.

Fakta menarik dan bermanfaat