/

Mengontrol kerja ASN Bolmut dengan aplikasi E-kinerja

Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena saat menutup menutup secara kegiatan sosialisasi penerapan sistem merit dan E-Kinerja tahun 2021 secara darling/zoom Meeting. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokim Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena menutup secara kegiatan sosialisasi penerapan sistem merit dan E-Kinerja tahun 2021 secara darling/zoom Meeting di lingkungan pemerintah kabupaten bolmut yang bertempat di ruang rapat wakil bupati Bolmut, Kamis 14 Januari 2021.


Wakil Bupati Bolmut menyampaikan berdasarkan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara (ASN) disebutkan bahwa pengelolaan ASN dilaksanakan dengan mengunakan sistem merit yang berdasarkan pada kinerja, kompetensi, dan kualifikasi.

Berdasarkan tujuan maka tuntutan Aplikasi e-kinerja menjadi hak yang sangat mendesak untuk di terapkan di lingkungan pemerintah daerah, sebagai sistem informasi bagi pimpinan perangkat daerah dalam mengukur kinerja ASN, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kinerja ASN sebagai bagian dari reformasi birokrasi yang memiliki kemampuan, pengatahuan dalam setiap tugas dan tanggung jawab sebagai ASN.

Aparatur sipil negara (ASN) saat ini harus tetap memegang prinsip bahwa tugas kita semua adalah melayani sesuai dengan beban dan karakeristik untuk senatiasa berinovasi guna meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Secara teknis aplikasi E-kinerja memberikan beragam manfaat di dalamnya selain dapat meminimalisir kecurangan juga sebagai alat monitoring dan evaluasi serta sebagai salah sayu tolak ukur tingkat kedisiplinan PNS.

Dijelaskan kembali Aplikasi ini juga memberikan dampak pengambilan keputusan mengenai pemberian tunjangan prestasi jika dulunya di berikan dengan asas equal sekarang menjadi equal job for equal pay.

Di tengah tengah pandemi covid 19 memang mengubah banyak aspek dalam hidup kita, tidak menyurutkan semangat untuk mengucap syukur atas segala berkat yang kita terima hingga melangkah tahun 2021. Semangat itu dikemas dalan kebrsamaan untuk bangkit dan bekerja sama dalam membangun tatanan pemerintahan yang lebih produktif.

Wabup menambahkan mengingat fungsi ASN sangat strategis dalam pemerintahan, maka dirinya minta kepada seluruh pimpinan perangkat daerah, agar senatiasa mengelola ASN di lingkungan instansi masing masing dengan baik dan profesional.

Dan khususnya kepada Badan Kepagawaian Pendidikan Dan Pelatihan Kabupaten Bolmut dalam pengelolaan ASN wajib dilaksanakan berdasarkan norma, standar, prosedur dan kriteria (NSPK) manajemen ASN bersistem Merit, dan pembinaan ASN yang bermuara pada penigkatan pelayanan publik yang efisien, efektif dan akuntabel dapat terwujud.

Manfaat dari aplikasi e-kinerja tersebut adalah sebagai berikut:

– Alat untuk mengontrol kehadiran pegawai.

– Meningkatkan kinerja pegawai.

– Memudahkan manajemen birokrasi.

– Sebagai indikator pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP).

Fakta menarik dan bermanfaat