//

Vaksin Covid-19 segera tiba di Bolmut

Polres Bolmut mengecek persiapan penyimpanan Vaksin Covid-19. (Foto Dinkes Bolmut)



TORANGPEBERITA.COM- Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui rilis tertulis menyampaikan vaksin Covid 19 untuk tahap yang kedua sejumlah 8760 dosis telah tiba di Provinsi Sulut.

Hal ini melengkapi 15.000 dosis yang telah
datang sebelumnya. Sehingga total dosis vaksin yang telah diterima di Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 23.760 dosis yang akan dipakai untuk menyuntik vaksin kepada sasaran awal.

Sesuai dengan surat dari Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Nomor SR.02.06/II/80/2021 tertanggal 8 Januari 2021 terkait distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 maka tahap awal vaksinasi Covid 19 untuk Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) baru akan dilaksanakan di dua Kota di Sulawesi Utara.

Kedua Kota ini adalah kota Manado dan Kota Tomohon. Untuk distribusi vaksin ke kedua kota ini akan dilaksanakan mulai Rabu 13 Januari 2021.

Sementara 13 Kabupaten Kota lainnya akan dimulai dalam selang 10 sampai dengan 12 hari kedepan.

Kesiapan Pemkab Bolmut


Sebelumnya Kepala Bidang (Kabid) pelayanan kesehatan Dinkes Bolmut Sofian Mokoginta mengatakan tadi pihak polres sudah mengecek kesiapan Cold Chain. “Walaupun ada beberapa yang kurang baik, tapi kesiapan Cold Chain sudah 100 persen,” ujarnya.

Diketahui rantai dingin (cold chain) adalah proses menjaga suhu vaksin di kondisi idealnya sehingga kualitasnya tetap terjaga dari awal sampai pelaksanaan vaksinasi.

Cold chain” terdiri atas lemari es dan “freezer” untuk menyimpan vaksin, dan termos (vaksin carrier) untuk membawa vaksin ke tempat pelayanan imunisasi, terutama untuk kegiatan di luar gedung dan lapangan.

Penyimpanan vaksin sendiri membutuhkan suatu perhatian khusus karena vaksin merupakan sediaan biologis yang rentan terhadap perubahan temperatur lingkungan sehingga harus disimpan pada suhu tertentu, yakni 2-8 derajat Celcius untuk vaksin sensitif beku (tidak boleh beku) dan minus 15-minus 25 derajat Celcius untuk vaksin yang sensitif panas.

Secara umum, vaksin akan rusak jika terpapar oleh sinar Matahari secara langsung.

Sebelumnya terkait vaksinasi Covid-19 di Bolmut Bupati Depri Pontoh memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Utara (Bolmut) siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

“Pemerintah menjadi yang terdepan dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19, dan memberikan contoh kepada masyarakat,” ujar Bupati Bolmut.

Sementara itu Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso, SH, SIK menambahkan pihak Polres akan melakukan pengawalan terkait kedatangan dosis vaksin Covid-19.

“Termasuk penjagaan di tempat penyimpanan dosis vaksin Covid-19,” ungkapnya.

Kadis kesehatan Bolmut Jusnan Mokoginta menjelaskan ada 12 puskesmas dan RSUD yang telah disiapkan dalam kegiatan vaksinasi.

Dimana pada tahap pertama pemberian dosis vaksin Covid-19 diberikan kepada Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) yang ada di Bolmut.

Sementara itu Berdasarkan data total Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) terverivikasi per tanggal 4 Januari 2021, Kabupaten Bolmut mendapat jatah 936 yang disampaikan oleh satgas Covid-19 provinsi Sulawesi Utara.

Fakta menarik dan bermanfaat