/

Gotong royong penanganan penyebaran Covid-19 di Bolmut

Vicon optimalisasi percepatan penanganan Covid-19. (Foto Moh Firmansyah Goma Prokim pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena mengikuti Video Conference (Vicon) optimalisasi percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara, di aula dinas kesehatan Bolmut, Rabu 13 Januari 2021.

Kegiatan sendiri dibuka oleh Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen membuka secara virtual di Ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur Sulut.

Silangen, menyampaikan melalui kegiatan ini akan semakin menyatukan pemahaman, tekad dan komitmen semua stakeholder dalam menangani dan mengendalikan pandemi Covid-19 di Sulut.

Ia mengatakan Silangen berdasarkan perkembangan peta zonasi risiko dalam 3 minggu terakhir ini juga membaik. Pertambahan jumlah kasus harian pun semakin sedikit.

“Namun kiranya ini tidak membuat kita kendor dalam pelaksanaan tugas-tugas kita
untuk terus optimal dalam penanganan pandemi Covid-19 di Sulawesi Utara,” katanya.

“Kegiatan Tracing, Testing, Treatment, serta Isolasi harus tetap optimal kita lakukan. Laboratorium RT PCR di Sulawesi Utara harus  optimal pengelolaan dan penggunaannya,” jelasnya.

Sementara itu juru bicara satgas Covid-19 Sulut Steven Dandel menjelaskan upaya-upaya antisipasi penyebaran dan kenaikan kasus harus semakin intens. Hal ini dapat dilakukan dengan sejumlah rencana, diantaranya.

Kabupaten/Kota harus menambah ruang isolasi sebanyak 30% dari existing sekarang. Perlu adanya penambahan ruangan dan SDM untuk perawatan diruang intensif (ICU Covid-19).

Disiplin penegakkan 3M harus diperketat Kegiatan 3T (Tracing, Testing dan Treatment) harus diperluas.

Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena melalui kadis kesehatan Bolmut Jusnan Mokoginta memastikan pemerintah kabupaten terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Bolmut.

Selain itu pemkab siap melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19.



Fakta menarik dan bermanfaat