Presiden Jokowi minta evaluasi subsidi pupuk

Salah satu petani di Kabupaten Bolmut. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Presiden RI Joko Widodo menyinggung mengenai  kembalian yang diperoleh negara dari subsidi pupuk puluhan tahun.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pembangunan pertanian tahun 2021, Senin 11 Januari 2021 di Istana Negara, Jakarta.

Rakernas dilaksanakan untuk membahas program kerja Kementerian Pertanian tahun 2021, dengan mengusung tema “Memperkuat Peran Sektor Pertanian dalam Menopang Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19”.

“Pupuk, saya jadi ingat pupuk, berapa puluh tahun kita subsidi pupuk? Setahun berapa subsidi pupuk? Rp30-an triliun? 33 seingat saya, Rp33 triliun setiap tahun, return-nya apa?,” kata presiden.

Kita beri pupuk itu kembaliannya ke kita apa? Apakah produksi melompat naik? Rp33 triliun, saya tanya kembaliannya apa? Lima tahun berapa triliun berarti? Sepuluh tahun sudah berapa triliun? Kalau sepuluh tahun sudah Rp330 triliun.

“Angka itu besar sekali. Artinya, tolong ini dievaluasi, ini ada yang salah, sudah berkali-kali meminta ini,” ungkap Jokowi.

Fakta menarik dan bermanfaat