/

Pemda Bolmut salurkan bantuan ke desa Binuanga

Sekda Bolmut Asripan Nani saat menyerahkan bantuan di Desa Binuanga, Kecamatan Bolangitang Timur, Sabtu 9 Januari 2021. (Foto Ismail Lauma)



TORANGPEBERITA.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menyalurkan bantuan ke desa Binuanga, Kecamatan Bolangitang Timur, Sabtu 9 Januari 2021.

Penyerahan bantuan ini dipimpin oleh Sekda Bolmut Asripan Nani dan diterima langsung oleh pemerintah Kecamatan dan masyarakat desa Binuanga.

“Iya tadi pemda telah menyalurkan bantuan ke desa Binuanga. Bantuan ini diberikan bila ada kejadian-kejadian bencana alam, seperti banjir,” ujar Sekda Bolmut Asripan Nani ketika dihubungi TorangPeBerita.COM

Sementara itu sekertaris dinas sosial Nurhakim mengatakan penyaluran bantuan tersebut diberikan kepada 57 Kepala Keluarga (KK) di desa Binuanga.

Ia pun menghimbau kepada pemerintah desa di Bolmut jika wilayahnya terdampak banjir memasukan laporan kepada mereka.


Diketahui Banjir di desa Binuanga, Kecamatan Bolangitang Timur, Kamis 7 Januari 2021 disebabkan hujan dengan intensitas tinggi. Yang menyebabkan daerah aliran sungai Desa Binuanga meluap sampai ke prmukiman warga di bantaran daerah aliran sungai dengan keinggian banjir ± 1,5 – 1 meter. Dan surut pada sore harinya sekitar pukul 17.30 Wita.

Sebelumnya koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Kelas II Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, Ben Molle memperkirakan puncak musim hujan diperkirakan pada akhir Januari.

“Meski begitu, di bulan Februari-Maret juga masih ada hujan,” ujar Ben Molle seperti dikutip dari Antara, Kamis 7 Januari 2021.

Ia mengatakan untuk curah hujan diperkirakan pada kategori menengah hingga tinggi (50-200 milimeter per dasarian).

Warga terus berhati-hati terhadap bencana hidrometeorologi yang berpeluang terjadi seperti banjir dan tanah longsor.

Warga yang bermukim di daerah rawan banjir maupun longsor seperti bantaran sungai, daerah berbukit dan curam berhati-hati apabila terjadi hujan dengan intensitas deras.

“Kami terus melakukan pemutakhiran data terkait dengan peringatan dini cuaca ekstrem, ini bermanfaat bagi masyarakat dan para pemangku kepentingan,” ungkapnya.

Fakta menarik dan bermanfaat