/

Voli pantai dan wisata olahraga di pantai Batu Pinagut

Bupati Bolmut Depri Pontoh saat membuka kegiatan lomba voli pantai di pantai Batu Pinagut dalam Festival Pesona Pantai Batu Pinagut tahun 2019. (Foto Humas Pemkab Bolmut)

TORANGPEBERITA.COM- Selasa 5 Januari 2021 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membahas rencana pengembangan wisata olahraga di Indonesia ke depan.

Pertemuan ini merupakan isu-isu yang dapat dilakukan bersama guna mewujudkan penyelenggaraan kegiatan sport tourism atau wisata olahraga dalam waktu dekat dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya ingin gerak cepat merealisasikan beberapa isu-isu quick win yang bisa kita lakukan dalam lingkup sport tourism, beberapa agenda yang tentunya berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” kata Menparekraf Sandiaga seperti dikutip dari Kemenparekraf.go.id

Ia mengatakan, potensi wisata olahraga di Indonesia sangat besar sehingga dapat menciptakan peluang lapangan kerja. Bahkan di tengah pandemi, dengan pendekatan inovasi, banyak kegiatan sport tourism yang tetap bisa dilaksanakan meski secara hybrid. Inilah yang akan coba akan dikembangkan Kemenparekraf untuk fokus pada event sport tourism pada tiga bulan ke depan.

“Kalau bisa semuanya bangga buatan Indonesia sehingga menjadi bangga berwisata di Indonesia,” katanya.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menambahkan dalam nota kesepahaman yang dilakukan sebelumnya ada tiga tema yang akan dikembangkan yakni Sport Science, Sport Tourism, dan Sport Industry.

Kerja sama dengan Kemenparekraf diharapkan akan mendukung pengembangan ekosistem terhadap tiga tema tersebut.

“Presiden telah memberikan arahan bahwa olahraga ini harus didorong untuk kita mencetak prestasi yang baik, di samping itu juga kita harus bisa mendorong wisata olahraga,” katanya.

Di Bolmut sandiri beberapa tahun terakhir sering menggelar lomba voli pantai di pantai wisata Batu Pinagut. Dimana kegiatan voli pantai masuk dalam salah satu kegiatan di festival pesona pantai Batu Pinagut.

Fakta menarik dan bermanfaat