2021 tahun kebangkitan pariwisata ? Bagaimana dengan Bolmut ?

Objek wisata pantai Batu Pinagut salah satu Icon Kabupaten Bolmut. (Foto Fandri Mamonto)

TORANGPEBERITA.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, menegaskan tahun 2021 harus menjadi tahun kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk dapat kerja bersama termasuk membangun narasi positif sehingga parekraf dapat menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujarnya seperti dikutip dari Kemenparekraf.go.id

Ia mengatakan pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kunjungan wisatawan menurun drastis, tingkat keterisian kamar hotel jadi menurun. Restoran dan sektor lainnya pun terdampak karena pergerakan wisatawan menurun.

Sehingga menurut Sandiaga tahun 2021 adalah momentum tahap awal pemulihan kita, tetapi kita harus disiplin dalam melakukan penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE atau kebersihan, kesehatan, keselamatan dan keberlanjutan lingkungan (K4). Sosialisasi, program kemitraan, hingga dana hibah akan terus kita lakukan.

Mantan wakil gubernur Jakarta ini menuturkan ada tiga pilar yang akan menjadi program Kemenparekraf/Baparekraf dalam membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2021. Pertama adalah inovasi, kedua adalah adaptasi, ketiga adalah kolaborasi.

“Saya ingin menyampaikan mungkin keadaan sekarang adalah kesempatan kita untuk mengambil satu hikmah, untuk tetap semangat dan mengambil peluang. Sektor parekraf memang terdampak, kita bertahan dan harus berbenah. Tahun 2021 harus jadi tahun pemulihan, kita awali dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Gerak cepat untuk bangkit bersama,” katanya.

Sementara itu pegiat pariwisata Bolmut Sam Tampusu mengatakan jika semua sama-sama bergerak. “Saya rasa kemajuan pariwisata di Bolmut akan terus meningkat melalui promosi pariwisata disegala aspek,” ujarnya.


Dimana meningkatkan dan mendorong penuh pelaku pariwisata dan ekraf untuk menciptakan hal-hal baru, seperti kerajinan tangan, daya tarik dan spot-spot selfie di objek wisata yang ada di Bolmut.

Intinya terus menciptakan kerjasama dari berbagai bidang untuk kemajuan pariwisata Bolmut dan terus melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat atau pelaku pariwisata sehingga mereka paham mengenai manajemen pengelolaan tempat wisata.

“Apalagi mereka tidak tahu mau berbuat apa. Nah jalan satun-satunya yang harus dilakukan adalah berkordinasi dulu dgn pemerintah setempat Lurah dan Camat kemudian melaksanakan kegiatan-kegiatan pelatihan kepariwisataan dan setelah pelatihan harus ada pendampingan sehingga semua berjalan dengan sebagaimana mestinya,” harap Tampusu.

Bolmut sendiri memiliki kepala dinas pariwisata yang baru. Setelah dilantik pada Selasa 29 Desember 2020. Yaitu Mohamad Noh Djarumia.

Fakta menarik dan bermanfaat